Para Camat Dingatkan Hidup Bersih dan Sehat

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Para camat di Kabupaten Timor Tengah Utara Nusa Tenggara Timur diingatkan untuk mengajak masyarakat agar selalu hidup bersih dan sehat.
Sebab tanggung jawab hidup sehat bukan hanya orang kesehatan.

Permintaan itu disampaikan Wakil Bupati Timor Tengah Utara, Eusabius Binsasi, saat membuka kegiatan Advokasi Penguatan lintas sektoral tentang Gerakan Hidup Sehat Masyarakat (GERMAS) di Hotel Litani Kefamenanu, Selasa (8/6/2021).

Dalam kegiatan yang diikuti para Camat  se-Kabupaten
TTU, Eusabius Binsasi mengatakan, masalah kesehatan bukan hanya tanggung jawab orang kesehatan saja.  Melainkan menjadi tanggung jawab bersama.

Mantan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTT ini, hidup sehat berkaitan erat dengan kebiasaan dan perilaku hidup dari setiap individu dan tidak harus mewah.

Baca Juga:  Kades Berhalangan Rapat LKPJ, Begini Tanggapan Dinas PMD TTU

Disebutkan,  sejak tahun 2017 Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan adanya Gerakan Hidup Sehat Masyarakat (GERMAS).  Namun gerakan  tersebut hingga saat ini belum berjalan secara optimal dalam kehidupan keseharian masyarakat.

Untuk itu aksi GERMAS harus dijiwai oleh  masyarakat untuk merubah perilaku hidup sehat.
Para Camat yang adalah  pemimpin di  wilayah kecamatan  harus mampu menggerakkan    dan mendorong masyarakat  untuk menerapkan  kebiasaan dan perilaku hidup sehat baik di rumah maupun di tempat-tempat umum

Baca Juga:  Pemkab TTU Siap Lanjutkan MOU Dengan UNDANA

Sebab tanpa  perilaku hidup sehat mustahil  hidup ini akan bahagia dan  aman.
Untuk mensukseskan  aksi GERMAS maka para Camat diharapkan terus  memfasilitasi para  Kepala Desa   agar menyediakan anggaran dari dana desa guna membangun infrastruktur desa yang berkaitan erat dengan kesehatan masyarakat. 

Dia menegaskan, hidup sehat tidak perlu kemewahan, walaupun hidup sederhana, tetapi selalu mengutamakan perilaku hidup bersih dan sehat  menjadi faktor utama dalam kehidupan setiap hari. Untuk memenuhi kriteria hidup sehat salah satunya adalah harus memiliki MCK dan penyediaan air bersih.

Dikatakan, untuk mendukung keberhasilan gerakan  ini para kepala desa harus terus membimbing masyarakatnya  guna meninggalkan pola hidup lama seperti kebiasaan  tidak sarapan pagi dan  mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Baca Juga:  Ketua Tim Pemenang SN - KT Beberkan Survei Kemenangan

Selain itu Mantan Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI  mengharapkan kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan Advokasi penguatan GERMAS secara baik dan mendiskusikan aneka persoalan yang dihadapi. Selain itu  dapat merumuskan solusi  sehingga aksi GERMAS dapat berjalan lancar  dan pada akhirnya masyarakat TTU membiasakan dirinya  untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan perilaku hidup sehat yang baik dan benar dalam kehidupan setiap hari. (kend)

  • Bagikan