Pasien Covid-19 Melaju, Pemkab TTU Tambah Lokasi Karantina

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Situasi di Kabupaten Timor Tengah Utara perbatasan RI Timor Leste kian mencemaskan. Jumlah orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten ini terus bertambah dua pekan belakangan ini. 

Posisi terakhir Selasa 6 Juli 2021 mencapai 80 orang. Saat ini semua pasien Covid-19 sedang dirawat di pusat karantina Rumah Susun Warga (Rusunawa) kompleks BTN Naiola Km 9 Jurusan Kupang.

Sementara itu kapasitas tampung di pusat karantina Rusunawa di kompleks BTN Desa Naiola, Km 9 jurusan Kupang kondisi ruangnya sangat terbatas.

Baca Juga:  Diantar Berobat, Pasien Covid-19 Asal Belu Pakai Pesawat Carter

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara, berencana menambah satu tempat karantina terpusat bagi warga terdampak Covid-19.

Penambahan lokasi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika RS Darurat Rusunawa BTN  tidak mampu lagi untuk menampung pasien terkonfirmasi positif Covid-19  yang terus melonjak setiap hari.

Bupati TTU David Juandi didampingi Kapolres TTU dan Dandim 1618 TTU, saat meninjau lokasi baru menjelaskan, rencana penambahan tempat karantina dikarenakan terjadi penambahan kasus yang cukup signifikan di Kabupaten TTU beberapa minggu terakhir ini.

Baca Juga:  Bupati TTU Serahkan Alsintan Bantuan di Oerinbesi

Bupati TTU mengatakan RSD Rusunawa BTN Naiola tidak bisa tampung sehingga ada kesiapan lokasi baru yakni asrama Balai Latihan Kerja/BLK di km 8 jurusan Kupang.

Sementara Juru bicara Satgas Covid TTU Kristoforus Ukat merilis, data jumlah kasus  positif covid-19 per tanggal 6 Juli  2021 sebanyak 80 kasus. Penambahan pasien setelah muncul kluster Desa Maurisu dan Napan.

Selanjutnya Satgas Covid-19 Kabupaten TTU juga merilis jumlah tempat tidur yang tersedia saat ini sebanyak 189 tempat tidur dengan rincian  Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu yang awalnya 5 tempat tidur menjadi 19 tempat tidur.  Rumah Sakit Leona awalnya 20 tempat tidur bertambah menjadi 30 tempat tidur.

Baca Juga:  Dua Pasien Covid Belu Tiba di Surabaya, Begini Komentar Medevac One Care Partner Pesawat Evakuasi

Sedangkan Rumah Sakit Darurat (RSD) Rusunawa BTN awalnya 72 tempat tidur bertambah  menjadi 108 tempat tidur.  Dengan demikian prosentase  BOR kita adalah 43,38%.

Dia juga menegaskan, dengan keterbatasan tersebut Pemkab TTU berencana menambah satu tempat karantina terpusat lagi  yaitu di asrama  Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Nakertrans  Kabupaten TTU dengan kapasitas 32 tempat tidur. (Kend/ Red)

  • Bagikan
error: Content is protected !!