Pater Antonio Frey Jumpa Pastor Timor di Swiss, Sopi Swiss Pengganti Tua Tono

  • Bagikan

TimorBerita. Swiss || Pater Antonio Frey SVD misionaris Katolik asal Swiss, sebagian hidupnya dihabiskan di Timor Indonesia.

Pater Antonio yang biasa di sapa Pater Anton Frey tidak asing lagi di pedalaman Timor Distrik Oecusse perbatasan RI -Timor Leste. Ia berpuluhan tahun bertugas di Paroki Haumeni dan Paroki Tunbaba Keuskupan Atambua.

Setelah 22 tahun kembali ke kampung halamannya di Swiss, tak disangka tepatnya Jumat 15 Oktober 2021 Pater Anton berjumpa Pater Silvester Eko, SVD, misionaris asal Paroki Haumeni yang tidak lain adalah buah misionarisnya.

Baca Juga:  Pilkada Malaka Sudah Berakhir, Kerja Diam-Diam Jangan Pikir Aneh Aneh

Pertemuan keduanya di Swiss penuh sukacita. Momentum indah itu tidak disia-siakan untuk direkam pose bersama. Pater Silvester Eko bercanda ingin suguhkan Tua Tono minuman kesukaan Pater Anton. Pertemuan keduanya direkam video berdurasi sekira 33 detik.

” Sebenarnya saya mau bawa tua nakaf tono (Sopi Kepala Tono-istilah bahasa Dawan Timor). Sopi untuk Pater Anton tapi di Swiss tidak ada, maka saya membeli yang di Swiss sebagai pengganti buat P. Anton,” ucap Pater Silvester Eko.

Baca Juga:  Bupati Belu Salurkan Bantuan JPS Untuk 414 Warga Kelurahan Beirafu

Saat ini, Pater Anton Frey, SVD tinggal di panti jompo milik para suster (SSpS). Ia sudah masuk asrama sudah dua tahun enam bulan.

Lokasi panti jompo yang ditempati Pater Anton Frey bernama Menzingen, Kabupaten Zug, Provinsi Luzern Swiss. Jarak tempuh dari Kota Munich, Jerman kira-kira tiga jam jauhnya.

Kini Pater berusia 86 tahun. Dan setiap kali naik dan turun tangga, ia tidak membutuhkan tongkat. Meski demikian ia cepat kelelahan dan kondisi kesehatannya menurun.

Baca Juga:  Bupati Belu Rombak Kabinet, Ini Pejabat yang Dilantik

Umat Paroki Kristus Raja Haumeni Timor Indonesia masih mengenang dan merindukan sosok yang humanis, membangun dan selalu dekat umat.

Ia adalah pastor yang membangun banyak gereja permanen di sebagian besar Keuskupan Atambua khusus Paroki Kristus Raja Haumeni.

” Semoga pater diberkati Tuhan di usia senja dan tetap memberi semangat bagi generasi calon misionaris masa depan gereja di Keuskupan Atambua Timor khususnya dari Paroki Kristus Raja Haumeni,” ungkap Pater Silvester Eko. (Jondry S/ Joo)

  • Bagikan
error: Content is protected !!