Peduli Lingkungan, Permabi Kupang Bersihkan Pasar Oesapa

  • Bagikan

TimorBerita. Kupang || Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Persatuan Mahasiswa Biboki (Permabi) Kupang melakukan kegiatan bakti sosial (Baksos) membersihkan pasar Oesapa, Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Aksi peduli lingkungan di gelar Sabtu (12/6/2021). Aksi sosial persatuan mahasiswa Biboki TTU yang sedang mengenyam pendidikan perguruan tinggi di kota Kupang ini, menjadi perhatian pelintas di lokasi pasar itu.

Berbekal peralatan seadanya, semua mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Baksos itu melakukan pemungutan sampah seperti plastik, kertas, pecahan botol dan sejenis sampah lainnya yang berserakan di sekitar lokasi pasar Oesapa.

Baca Juga:  Mau Urus Paspor, Tidak Perlu Datangi Kantor Imigrasi

Kegiatan baksos tersebut berlangsung sekitar 2 jam. Para peserta menyusuri area pasar satu persatu sampah mulai di kumpulkan pada kantong plastik dan dituangkan kedalam bak sampah yang telah disediakan. Selanjutnya langsung di angkut oleh petugas kebersihan kota Kupang menggunakan mobil sampah. Kegiatan baksos dengan tetap mematuhi protokol covid-19.

Ketua Umum PERMABI Kupang, Avelino Bukifan usai kegiatan, kepada media ini mengatakan bahwa kegiatan baksos yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari tanggung jawab pemuda/mahasiswa yang menyandang predikatnya sebagai tulung punggung bangsa dengan cara menjaga kebersihan lingkungan agar bisa hidup sehat, baik secara jasmani maupun rohani.

Baca Juga:  Lima Shio Sosok Paling Jenius Miliki Kemampuan Otak Berkesan

Selain itu lanjut Avelino kegiatan baksos hari ini sebagai wujud konkrit mahasiswa dalam menjawab tridarma perguruan tinggi yakni pengabdian terhadap masyarakat.

Fenomena pembuangan sampah secara sembarang di tempat umum seperti pasar oleh masyarakat khusus pengguna pasar memang masih saja terjadi.

” Kesadaran masyarakat masih sangat minim untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga:  Komjen Agus Andrianto Jadi Kabareskrim, Begini Pesan Kapolri Listyo Sigit

Kita berharap kegiatan baksos hari ini bisa menjadi salah satu contoh kepada masyarakat luas khususnya di kota Kupang untuk bisa berprilaku hidup sehat, dan bebas sampah dari lingkungan sekitar,” ujar Avelino yang juga aktivis IMATTU Kupang ini. (Okus)

  • Bagikan
error: Content is protected !!