Pemdes Ponu Siaga, Dampingi Capilduk Benahi Data Kependudukan

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu|| Pemerintah Desa Ponu, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, mendampingi petugas Operator e-KTP dari Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk membenahi data kependudukan di wilayah desa itu.

Kegiatan konsolidasi data kependudukan di Desa Ponu, dilakukan tim teknis dari Dukcapil, TTU yang ditugaskan sebagai operator e-KTP di Kecamatan Biboki Anleu.

Konsolidasi data kependudukan di mulai dari wilayah Desa Ponu yang merupakan jumlah penduduk terbesar di kecamatan itu. Sistim pelayanan petugas teknis langsung turun di setiap dusun, bahkan Rukun Tetangga (RT).

Pantauan media ini Jumat (18/3/2021), di Dusun 05 Oetfo, Desa Ponu, warga mendatangi lopo Posyandu, membawa dokumen identitas kartu keluarga (KK) diserahkan kepada petugas untuk diverikasi. Petugas verifikasi data didampingi ketua RT 12 dan RT 13 Dusun 05 Oetfo.

Petugas Operator E-KTP Yosef Kofi menjelaskan, kegiatan konsolidasi data kependudukan ini merupakan program dari Dukcapil khususnya dari bidang Daftar Kependudukan (Dafduk) TTU. Sebagai pendataan awal sudah beberapa hari pendataan atau konsolidasi data kependudukan di lakukan di wilayah desa ponu.

Menurut Yosep konsolidasi data ini dimaksudkan agar bisa dilakukan pembersihan data kependudukan pada data bace server kependudukan di TTU khususnya data kependudukan untuk Desa Ponu.

Penduduk yang sudah meninggal didata untuk di delate dari data server. Sehingga jumlah penduduk yang ada di data bace server sinkron dengan jumlah penduduk yang masih hidup.

” Artinya nama-nama yang ada pada data bace server kependudukan itu adalah orang yang masih hidup bukan yang sudah meninggal,” ujar Yosep.

Lebih lanjut Yosep menuturkan pendataan ini akan dilakukan untuk semua wilayah Kecamatan Biboki Anleu. Untuk langkah pertama pendataan ini pihaknya fokus untuk pendataan di Desa Ponu, setelah itu akan rolling ke desa-desa lain untuk melakukan pendataan serupa.

Terpisah, Kasipem Desa Ponu, Kristoforus Eli Kolo mengatakan kegiatan ini tidak masuk dalam rencana kegiatan di desa, namun pihaknya sebagai pemerintah Desa Ponu sangat bersyukur atas pelayanan program pemerintah kabupaten ini.

Menurut Kristoforus, kegiatan ini sangat membantu untuk memperbaiki data kependudukan Desa Ponu. Data kependudukan yang ada di desa sudah bisa tersinkron dengan data bace server kependudukan yang ada di kabupaten.

Sehingga sebagai pemerintah desa akan selalu siap mendampingi petugas Dikcapil untuk menuntaskan pendataan dokumen kependudukan masyarakat di wilayah desa Ponu.

” Kami senang, tentunya program ini sangat membantu kami pemerintahan desa. Kami mendukung penuh program Dukcapil ini,” tandasnya. (Okto/Gio)

  • Bagikan