Pemkab Luncurkan KIA Bagi Ratusan Anak TTU

  • Bagikan

TimorBerita.Kefamenanu || Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara, pagi tadi, Senin (3/5/2021) melakukan meluncurkan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi ratusan murid pada 3 sekolah di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi, Timor Leste ini.

Kegiatan peluncuran ini dilakukan oleh Bupati Timor Tengah Utara, Juandi David dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman depan kantor Bupati TTU.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil TTU, Tarsisius Sasi, S.Fil di ruang kerjanya Senin (3/5/2021).

Dia menjelaskan, penerbitan KIA yang pertama ini bagi tiga sekolah yakni SDN Sasi 400 anak, SMP Negeri 1 Kefamenanu 200 anak dan SMK Warta Bakti 200 anak. Direncanakan mulai Rabu (5/5/2021) mulai dibagikan kepada masing-masing anak.

Baca Juga:  FPG TTU Tolak Tegas Pameran HUT Kefamenanu

Sementara bagi sekolah-sekolah lainnya, Plt. Kadis Dukcapil TTU ini menjelaskan, akan menyusul.

“Saya sudah melakukan rapat dengan staf dan telah membagi tim untuk selanjutnya dilakukan penyisiran sekolah-sekolah guna mengumpulkan 4 dokumen yang dibutuhkan penerbitan Kartu Identitas Anak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam tahun ini ditargetkan bagi sekolah sekolah yang ada di kota Kefamenanu dan sekitarnya.

Ketika ditanya, terkait manfaat dari dokumen ini, Tarsisius menjelaskan, sesuai Permendagri No 2 Tahun 2016 tentang Indentitas Anak maka dokumen bertujuan untuk melindungi anak dari hak hak konstitusional anak 0-17 tahun.

Baca Juga:  Injury Time, Bupati Ray Lantik Penjabat Sekda TTU

“Dalam Kartu ini, data anak untuk kebutuhan Dapodik terintegrasi dengan data orangtua. Jadi dengan KIA, semua data berkaitan dengan anak terintegrasi dengan data orangtua, sehingga dokumen yang lainnya bisa saja tidak dibutuhkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, selain anak sekolah, KIA ini atau sebutan lainnya KTP Anak ini dapat diterbitkan bagi anak yang belum sekolah yang dilakukan secara mandiri oleh orangtua anak. Karena KIA ini diberikan untuk anak 0-17 tahun, dalam hal ini 1 hari sebelum berusia 17 tahun sedangkan yang berusia 17 tahun datanya direkam untuk pencetakan KTP.

Baca Juga:  Dukcapil TTU Terus Tingkatkan Pelayanan

Sementara dokumen yang dibutuhkan bagi penerbitan KIA adalah Akta Kelahiran anak, nama anak sudah tercantum pada Kartu Keluarga dan KTP orang tua pass foto bagi anak berusia 5-17 tahun untuk dipasang pada kartu tersebut.
Lebih jauh dijelaskan, penerbitan KTP Anak ini di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil TTU ini sudah dilakukan sejak Februari.

“Namun untuk Louchingnya baru dilaksanakan pagi tadi oleh Bupati TTU dalam upacara Hari Pendidikan Nasional tingkat kabupaten,” ungkapnya menutup pertemuan dengan TimorBerita dan Sonaf NTT siang tadi. (Kend)

  • Bagikan