Pemkab TTU Belum Pastikan Penerbitan Kodefikasi 22 Desa

  • Bagikan

KEFAMENANU, Timorberita.com- Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara hingga kini belum memastikan proses penerbitan Kodefikasi bagi 22 desa peralihan dari kelurahan.

Lantaran sejak 2017 peralihan dari Kelurahan menjadi Desa hingga kini nomor Kodefikasi itu belum juga diterbitkan.

Masalah ini menjadi pertanyaan serius Anggota DPRD TTU dalam sidang paripurna DPRD TTU, Sabtu (26/9/2020).

Anggota Fraksi Gerindra DPRD TTU, Yasintus Usfal mengatakan, pada sidang I Pemerintah Kabupaten TTU melalui Bupati telah menjanjikan bahwa sebelum sidang II tahun ini Kodefikasi desa untuk 22 kelurahan yang beralih menjadi desa dipastikan sudah bisa diterbitkan. Ironisnya hingga kini belum juga diterbitkan Kodefikasi desa itu.

Baca Juga:  Kepala Desa Adat Tamkesi Mengundurkan Diri, Masyarakat Datangi DPRD TTU

“Saya ingat betul, masalah ini saya sendiri yang pertanyakan. Jawaban bupati TTU bahwa semua proses adminitrasi berkaitan dengan kebutuhan Kodefikasi desa sudah dipenuhi. Jadi sebelum sidang II pasti sudah diterbitkan. Tapi sayangnya, sampai saat ini belum ada informasi. Karena itu saya minta penjelasan tentang hal ini,”tegas Usfal.

Terhadap hal ini Plt. Sekda TTU, Fransiskus Tilis menjelaskan, sampai saat ini pemerintah pusat belum menerbitkan Kodefikasi untuk 22 desa baru.

Baca Juga:  Meski Menuai Protes, Bupati TTU Tetap Buka Pameran

Pemerintah kabupaten telah membangun komunikasi dengan pemerintah pusat. Dan disepakati untuk dilakukan audiens dengan Dirjen Kementrian yang menangani urusan ini. Tapi karena sebagai staf yang terinfeksi Covid 19 sehingga belum bisa dilakukan.

“Jadi, masih menunggu informasi lebih lanjut untuk kegiatan tersebut,” tegas Fransiskus pada sidang paripurna sebelum penutupan sidang II DPRD TTU yang dipimpin ketua, Hendrikus Bana, didampingi wakil ketua II, Yasintus Lape Naif. (Rey d)

  • Bagikan