Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Resmi Dibuka ini Jadwalnya

  • Bagikan

TimorBerita. Jakarta || Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengumumkan penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2021.

Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan ASN Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Katmoko Ari, Sabtu (8/5) mengatakan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 akan dimulai 31 Mei mendatang. Jadwal pendaftaran direncanakan hingga 21 Juni 2021.

“Prosesnya pengadaan aparatur sipil negara (ASN) baik CPNS maupun PPPK dimulai dengan pengumuman seleksi tanggal 30 Mei 2021,” tandas Katmoko Ari, dilansir jppn.com.

Baca Juga:  Bertindak Seolah Auditor, Araksi NTT Dikecam Lembaga Pemerintah

Dia menyebutkan, hingga 5 Mei 2021 sebanyak 458 instansi pusat dan daerah sudah ditetapkan formasinya.

Sedangkan 13 instansi dalam proses penetapan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Selain itu terdapat 66 instansi dalam proses pengolahan atau usulan bermasalah.

“Jadi 85 persen instansi sudah siap membuka pendaftaran CPNS dan PPPK,” ujarnya.

Lebih lanjut Katmoko meminta pejabat pembina kepegawaian (PPK) diharapkan segera mengalokasikan pembiayaan anggaran tahun 2021 mulai proses pendaftaran hingga pemberkasan untuk penetapan NIP dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca Juga:  Kasus Alkes Dilanjutkan, Jaksa Geledah RSUD Kefamenanu

Hal ini mengingat semakin dekatnya proses pendaftaran CPNS dan PPPK 2021.
“Khusus anggaran pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK guru dengan menggunakan CBT Kemendikbudristek ditanggung Kemendikbudristek,” ucapnya.

Katmoko Ari menjelaskan, perencanaan dan pengadaan ASN merujuk pada PP 11/2017 tentang Manajemen PNS dan PP 49/2018 tentang Manajemen PPPK.
Formasi CPNS dan PPPK 2021 merupakan usulan dari PPK pada 2020 serta 2021. MenPAN-RB menetapkan kebutuhan ASN setiap instansi pemerintah paling lambat akhir Mei 2021. (jpnn/timbc)

  • Bagikan
error: Content is protected !!