Pengeroyokan Wartawan di Haitimuk Cukup Alat Bukti, Saksi Mengarah Tersangka

  • Bagikan

Timorberita. Betun – Satuan Penyidik Reskrim Polres Malaka terus gencar mengusut kasus pemukulan terhadap Bojes Seran, wartawan gardamalaka.com. yang terjadi di dekat rumah jabatan Bupati Malaka di Haitimuk Kecamatan Weliman belum lama ini.

Dari keterangan para saksi dan bukti video dipastikan perkara kasus ini bisa ditingkatkan statusnya dari penyelidikan menjadi penyidikan. Sejumlah nama yang ikut terlibat dalam kasus ini dijerat sebagai tersangka terduga pemukulan terhadap korban Bojes Seran.

Kapolres Malaka, AKBP Albert Neno saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Rabu, (21/10/2020) menjelaskan dari hasil pengembangan kasus ini penyidik sudah memeriksa sejumlah saksi.

Sesuai alat bukti, berupa video rekaman peristiwa, hasil visum et repertuum dan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) statusnya sudah bisa ditingkatkan menjadi penyidikan.

Baca Juga:  Coret Warga Penerima Dana BLT, Kades Alas Malaka Dipolisikan

“Alat bukti sudah cukup. Sejumlah saksi mengarah pelaku,” sebutnya.

Menurut Albert, pihaknya segera melakukan gelar perkara untuk meningkatkan penanganan kasus ini ke tingkat penyidikan. Sebab dari alat bukti sudah cukup menentukan status kasus ini. Tiga orang saksi terlapor mengarah ke tersangka karena diduga melakukan pemukulan terhadap korban.

Meski dalam keterangan BAP, lanjut Albert para saksi menyangkal tidak terlibat dalam aksi pemukulan itu, tetapi dari alat bukti yang ada meyakinkan penyidik untuk statusnya bisa ditingkatkan menjadi penyidikan. Lantaran penyidik bukan mengejar pengakuan akan tetapi pembuktian.

Baca Juga:  Sentuhan Kasih Isteri Simon Nahak, Ditengah Korban Banjir Malaka

“Pukul atau tidak itu tidak masalah. Penyidik bukan mengejar pengakuan tetapi pembuktian,” tegasnya.

Mantan Kabag Bin Opsnal Ditresnarkoba Polda NTT menambahkan pihaknya juga sudah membentuk tim khusus untuk menangani masalah ini karena sudah mendapat atensi khusus dan petunjuk dari Polda NTT.

Terhadap kasus ini siapa pun yang ikut terlibat sebagai pelaku tindak pidana tentunya akan diproses untuk pertanggung jawabkan perbuatannya.

Tiga saksi yang diduga sebagai pelaku yakni SK, RS dan M. Ketiganya berpeluang untuk di tahan oleh Polres Malaka setelah kasusnya ditingkatkan ke penyidikan.

Sementara Ketua DPW PWOIN NTT, John Yosep Henuk saat dikonfirmasi melalui handphone selulernya menuturkan sangat mengapresiasi kinerja Polres Malaka.

Baca Juga:  Yonif 744/SYB Dekat Purna Tugas, 742/SWY Tinjau Medan Sektor Timur RI-RDTL

Ia mendukung penuh langkah penanganan hukum yang dilakukan Polisi. Para penyidik sudah bekerja maksimal untuk memproses dan mengungkap kasus pemukulan terhadap Bojes wartawan Malaka ini.

“Luar biasa pencapaian kinerja Polres Malaka. Kita sangat mendukung kerja Pak Kapolres dan jajarannya,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau para rekan wartawan agar bersabar mengikuti proses hukum yang sedang berjalan di Polres Malaka. Proses hukum dipercayakan untuk Kapolres dan jajarannya agar menuntaskan kasus ini sehingga bisa diketahui hasil akhirnya. Siapa pun yang terlibat tentunya harus bertanggung jawab sebab tindakan premanisme sangat bertentangan dengan aturan hukum. (joka/tim)

 

  • Bagikan
error: Content is protected !!