Penjabat Bupati Belu Serahkan LKPD & Siap Bantu Kelancaran Audit

  • Bagikan

TimorBerita, Atambua || Penjabat Bupati Belu, Zakarias Moruk menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dokumen LKPD diterima oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Ida Bagus Ketut Wisnu yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor BPK-RI Perwakilan NTT, Selasa (13/4/2021).

Penyerahan LKPD ditandai penandatanganan berita acara laporan keuangan dan penyerahan laporan keuangan oleh Pj. Bupati Belu, Zakarias Moruk, kepada Kepala Kantor perwakilan BPK Provinsi NTT, Ida Bagus Ketut Wisnu disaksikan Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Junior.

Baca Juga:  Dua Tahun Raih Predikat Opini WTP, Belu Terima Penghargaan

Saat penyerahan, Penjabat Bupati Belu, Zakarias Moruk, didampingi Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Junior, PJ. Sekda Belu, Frans Manafe, Inspektur Inspektorat, R. Th. Josetyawan Manek, dan Kepala BPKAD Marsel Mau Meta.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Belu, Zakarias Moruk mengatakan laporan keuangan yang diserahkan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan.

” Kami telah menyajikan laporan keuangan sesuai dengan perundang-undangan. Kiranya BPK berkenan melakukan audit,” tandas Zakarias.

Dikatakan untuk kelancaran proses audit oleh BPK RI, Pemerintah Kabupaten Belu siap mendampingi. Apabila ada hal yang perlu diklarifikasi dan konfirmasi, tentu Pemerintah Kabupaten selalu siap.

Baca Juga:  Tiga Medis Terpapar Covid, Poli Rawat Tutup IGD Tetap Dibuka

Sedangkan Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Junior mengatakan DPRD Kabupaten Belu, dalam fungsinya sebagai legislatif akan selalu membantu BPK guna memberikan informasi untuk kelancaran audit di lapangan.

” Atas nama lembaga DPRD Belu mengapresiasi dan terima kasih kepada BPK-RI, untuk melakukan pengawasan keuangan di Kabupaten Belu,” tandasnya.

Ia berharap LKPD yang diserahkan menjadi lebih baik kedepannya, sehingga program kegiatan berjalan sesuai regulasi dan peraturan yang berlaku.

Sementara Kepala Sekretariat Perwakilan BPK-RI Perwakilan Provinsi NTT, Ida Bagus Ketut Wisnu mengapresiasi atas usaha dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Kabupaten Belu untuk mewujudkan visi dan misi BPK-RI.

Baca Juga:  Paripurna LKPJ Bupati Belu, Gerindra Sorot Tajam SK Teko

Ida Bagus sangat mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten untuk kelancaran proses audit. BPK akan memulai audit, pemeriksaan terinci atas laporan. Pihaknya akan berupaya agar menyelesaikan sesuai waktu yang ditentukan untuk menyerahkan Hasil Pemeriksaan Keuangan.

” Paling lambat 2 bulan terhitung hari ini. Kita hara Pemkab Belu mendukung kelancaran proses pemeriksaan oleh BPK sehingga dapat diselesaikan tepat waktu,” tandasnya.

Ia juga berharap Pemkab Belu menindaklanjuti hasil pemeriksaan sebelumnya sehingga dapat meningkatkan transparansi akuntable pengelolaan keuangan daerah untuk kesejahteraan masyarakat Belu. (Ren/Gio)

  • Bagikan