Persiapan Tuan Rumah MotoGP Indonesia Ingin Punya 2 Sirkuit

  • Bagikan

TimorBerita. Jakarta || Persiapan Indonesia tuan rumah motoGP, pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) berencana Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat, dikembangkan sehingga bisa menggelar MotoGP dan F1.

Kali terakhir Sirkuit Sentul menggelar balap internasional kelas tertinggi pada periode 1996-1997 saat MotoGP masih memakai spek mesin berkapasitas 500 cc.

Indonesia hampir pasti menjadi tuan rumah MotoGP pada 2022 nanti. GP Indonesia bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Sebelum MotoGP, akhir tahun ini Sirkuit Mandalika juga dipastikan menggelar ATC dan WorldSBK.

Baca Juga:  Lima Pekan Istirahat, MotoGP Kembali Digelar Pekan Ini

Kembalinya balapan kelas tertinggi di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Mandalika, tentunya jangan sampai membuat sirkuit lain diabaikan. Contoh Sirkuit Sentul.

Kendati saat ini kondisinya belum layak menggelar balap kasta tertinggi, sirkuit ini tetap penting karena menjadi saksi sejarah digelarnya MotoGP pertama kali di Indonesia.

Dilansir dari FBMI, Bambang Soesatyo Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama sejumlah tokoh senior otomotif berencana untuk mengembangkan kawasan Sentul sebagai Pusat Olahraga dan Mobilitas Otomotif Indonesia.

Baca Juga:  MotoGP Mandalika Digelar Tahun Depan, Masyarakat Nonton Dan Nikmati Kue Pariwisata

Alasannya lanjut Bambang di Sentul sudah terdapat 2 sirkuit bertaraf internasional, yakni Sirkuit Internasional Sentul, Sirkuit Internasional Karting Sentul, dan kini juga sedang dibangun Stage Park Sentul.

“Untuk olahraga Sirkuit Internasional Sentul bisa menjadi tuan rumah berbagai olahraga balap mobil. Berbagai sarana dan prasarananya juga akan kita upgrade sehingga bisa digunakan menjadi tuan rumah Formula 1 dan juga MotoGP. Sedangkan Sirkuit Internasional Karting Sentul, bisa digunakan menjadi tuan rumah sementara balap motor dan gokart,” tandas Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI)

Baca Juga:  Pemkab TTU Siap Lanjutkan MOU Dengan UNDANA

Adapun Stage Park Sentul yang pembangunannya diklaim sebentar lagi akan selesai, bisa digunakan untuk balapan sprint rally, speed offroad, adventure offroad, hingga motocross.

“Berbagai sarana dan prasarana akan ditingkatkan, sehingga (Sentul) bisa menjadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship, FIA World Rally Championship, hingga dunia motocross MXGP,” sambung Bambang Soesatyo Ketua MPR RI.

(*/FBMI/ TBCom/ Ren)
  • Bagikan
error: Content is protected !!