Peserta RAT PUSKOPCUINA Ziarah Ke Makam Pengagas CU Indonesia di Timor Leste

  • Bagikan

TimorBerita, Atambua – Sebanyak seratus lebih peserta Rapat Anggota Tahunan (RAT) PUSKOPCUINA Tahun Buku 2021 memadati PLBN Motaain Sabtu, 21 Mei 2022.

Rombongan tersebut adalah peziarah yang merupakan peserta RAT PUSKOPCUINA Tahun Buku 2021 yang terdiri dari 46 cabang CU Primer se-Indonesia.

Peserta RAT PUSKOPCUINA melintas ke Negara Timor Leste untuk berziarah ke makam Pater Albert Karim SJ, yang merupakan penggagas CU di Indonesia.

Kepala Imigrasi Atambua, Kiagus Abdul Halim mengatakan setibanya di PLBN Motaain, rombongan diterima Supervisor Imigrasi dan langsung diarahkan menuju gedung keberangkatan untuk dilakukan pemeriksaan dokumen pada konter imigrasi.

Baca Juga:  Hari Ini, Uskup Atambua Minta Pemberkatan Nikah Ditiadakan

“Jumlah pelintas dalam rombongan CU berjumlah 112 orang peziarah ditambah 8 orang pengemudi alat angkut yang mengendarai 8 unit angkutan,” ujar K.A. Halim.

Is menjelaskan setelah menerakan cap keberangkatan pada dokumen perjalanan masing-masing peziarah, rombongan meninggalkan PLBN Motaain menuju Timor Leste pada pukul 08.45 Wita.

K.A. Halim menjelaskan bahwa seluruh peziarah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memegang paspor kebangsaan Indonesia.

Baca Juga:  Pemilu 2024, Coblos 14 Februari atau 6 Maret Pilkada 13 November 2024

Berdasarkan hasil koordinasi antara CIQS PLBN Motaain dengan CIQS Pos Batugade Timor Leste, diperoleh informasi bahwa rombongan akan kembali melintas masuk wilayah Indonesia pada waktu sore hari setelah acara kegiatan ziarah berakhir.

“Pada pukul 17.45 Wita, rombongan CU melintas masuk wilayah Indonesia melalui PLBN Motaain dan tiba di gedung kedatangan,” jelasnya.

Setibanya di gedung kedatangan PLBN Motaain, rombongan serta pengemudi alat angkut langsung diarahkan melakukan pemeriksaan karantina dan setelah itu menuju konter imigrasi guna dilakukan pemeriksaan dokumen perjalanan dan peneraan cap kedatangan oleh petugas imigrasi.

Baca Juga:  Lintasi Jalan Tikus, Polisi Amankan 14 WNA Timor Leste

Perlintasan peserta RAT PUSKOPCUINA dipantau langsung oleh Supervisor Imigrasi dan asisten Supervisor PLBN Motaain.

“Setelah selesai dilakukan pemeriksaan CIQ, rombongan kembali menuju alat angkut untuk kembali ke Atambua”, tandasnya.

Sementara itu pemimpin rombongan peziarah Romo Yoris Giri menuturkan peziarah adalah peserta RAT PUSKOPCUINA Tahun Buku 2021 dari 46 cabang CU Primer se-Indonesia.

  • Bagikan