Pilkada 2020 Sukses, DPR RI Apresiasi dan Beri Catatan

  • Bagikan

TimorBerita. Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang dinilai sukses.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Dolly Kurnia dalam Rapat Kerja bersama Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP, Selasa (19/1/2021).

Saat membacakan kesimpulan rapat, Dolly mengatakan Komisi II DPR RI menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah.

Baca Juga:  Ansi Lema Kunjungi Kelompok KBR Noelbaki

Khususnya Kementerian Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI, DKPP RI, Partai Politik, Pasangan Calon, Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan RI, Tentara Nasional Indonesia.

Terima kasih kepada Satgas Penanganan Covid-19 dan seluruh masyarakat Indonesia yang telah ikut berperan dan berpartisipasi dalam mendukung terselenggaranya Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota serentak tanggal 9 Desember 2020 yang dapat dinilai sukses.

Baca Juga:  DPR Apresiasi Pemerintah Jadikan PLBN Kawasan Ekonomi Perbatasan

Meski demikian, Komisi II DPR RI dalam kesimpulannya, memberikan sejumlah catatan sehingga diperlukan evaluasi.  Komisi II DPR RI menilai perlu dilakukan evaluasi.

Di antaranya masih terdapat pelanggaran dan sengketa pilkada, masih adanya indikasi praktik politik uang (money politic), masih ditemukan permasalahan dalam Daftar Pemilih Tetap.

Pelanggaran netralitas ASN, Polri/TNI, lemahnya komunikasi dan koordinasi antar penyelenggara pemilu.

Baca Juga:  Mahkamah Konstitusi Terima 82 Permohonan Sengketa, Didominasi PHPU Bupati

Sehingga berbagai catatan tersebut akan menjadi evaluasi pelaksanaan pesta demokrasi yang berkualitas.

“Untuk menindaklanjuti permasalahan Pilkada Serentak Tahun 2020 di atas, Komisi II DPR RI membentuk Panitia Kerja (Panja) Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020,” ujarnya (Puspem/TimBC/Jose)

  • Bagikan