Pilpres Timor Leste Hari Ini Warga Tentukan Siapa Presiden Ke-5

  • Bagikan

TimorBerita, Dili – Hari ini warga Timor Leste menentukan siapa presiden lima tahun mendatang. Nasib 16 Calon Presiden ditentukan dalam pemungutan suara yang digelar Sabtu 19 Maret 2022.

Pemilihan presiden (Pilpres) di Timor Leste merupakan yang ke-lima sejak merdeka dari Indonesia.

Sebanyak 16 calon presiden (Capres) berkompetisi diantaranya mantan pejuang perlawanan dan Presiden petahana Francisco “Lu Olo” Guterres, Tokoh kemerdekaan dan peraih Nobel Jose Ramos Horta dan seorang mantan imam Katolik.

Baca Juga:  Gubernur NTT Terbitkan Pergub Bantu Pemilik Kendaraan bermotor

Suasana di ibu kota Dili nampak warga berbondong mendatangi tempat pemungutan suara. Warga mentaati prokes Covid mengenakan masker dan mengantre memilih capres pilihan masing-masing.

Salah satu pemilih, Jorge Mendonca Soares (42), menuturkan keinginannya adanya perubahan sehingga harus memilih generasi baru.

“Kita harus memilih generasi baru agar kita bisa membangun negara ini,” kata Jorge dilansir berita satu.

Baca Juga:  Duka NTT di Tanah Papua, Ini Penyebab Kecelakaan Maut dan Alamat Korban

Sementara tokoh-tokoh kemerdekaan bangsa masih mendominasi lapangan, untuk pertama kalinya juga ada empat calon perempuan, termasuk wakil perdana menteri Armanda Berta Dos Santos.

Meski begitu jajak pendapat baru-baru ini oleh universitas nasional menunjukkan bahwa Ramos Horta, mantan komandan pasukan pertahanan Lere Anan Timur dan Guterres adalah favorit.

Jajak pendapat ditutup pada pukul 15 sore waktu Timor Leste dengan indikator awal siapa yang memimpin pemungutan suara diperkirakan bisa dilihat pada Sabtu malam nanti.

Baca Juga:  Berhasil Panen Air Hujan, Agus Maryono Raih Penghargaan Paten Terbaik

Hasilnya tidak ada kandidat yang meraih mayoritas suara, maka dua kandidat teratas akan maju pada pemungutan suara putaran kedua pada 19 April. (Rui Da Crus/ Joo)

  • Bagikan