Pleno Kabupaten Finish, Simon-Kim Bupati dan Wakil Bupati Malaka Terpilih

  • Bagikan

TimorBerita. Betun – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten yang berlangsung di Aula Susteran Betun, Rabu (16/12/2020).

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi pemilihan bupati dan wakil bupati Malaka, pasangan calon nomor urut 1 Simon NahakLouse Lucky Taolin (SN-KT) mengantongi suara sebanyak 50.890 suara. Sedangkan pasangan calon urut 2 Stefanus Bria SeranWendelinus Taolin (SBS WT) mendapat perolehan 49. 906 suara.

Pleno rekapitulasi penghitungan suara dari 12 Kecamatan di Kabupaten Malaka, Paket SN-KT unggul 984 suara dari paslon Petahana SBS-WT. Hasil pleno rekapitulasi disahkan KPU Kabupaten. Hasilnya Simon Nahak dan Louse Lucky Taolin unggul sehingga resmi sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Menariknya saksi dari pasangan nomor urut 2 Paslon SB-SWT, Emilianus Carles Lalung, mengakui hasil rekapitulasi perolehan suara dari 12 Kecamatan, yang hasilnya dimenangkan paket SN-KT. Tetapi hasil akhir saksi nomor urut 2 memilih tidak menanda tangani berita acara hasil rekapitulasi.

Baca Juga:  Sidang Perdana Money Politik Pilkada Malaka, Begini Reaksi Majelis Hakim

Saksi Paslon Petahana ini dalam forum pleno menuturkan bahwa pesta demokrasi Pilkada Malaka ditemukan adanya intimidasidasi terhadap masyarakat pemilih untuk pendukung SBS-WT. Alasan lain terdapat daftar pemilih tambahan menggunakan E-KTP.

” Kami menghargai proses rapat pleno rekapitulasi ini. Tetapi kami tidak tandatangan berita acara hasil pleno,” ujarnya.

Sementara Ketua KPUD Malaka, Makarius Bere Nahak, mengatakan proses rekapitulasi perolehan suara sudah selesai dan menunggu saja tahapan pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. KPU menghargai dan menghormati sikap dari saksi pasangan calon yang memilih tidak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi, itu adalah haknya yang diatur dalam PKPU 19.

” Jika saksi tidak tandatangan itu adalah haknya. Tetapi keputusannya tidak menghambat proses. Hasil pleno tetap berjalan dan itu tetap sah sesuai aturan,” ujar Makarius.

Baca Juga:  Enam Tahun "Gantung" Nasib 22 Desa, KM3N Kecam Bupati TTU

Menurut Makarius pihaknya menunggu saja tahapan proses berikut pleno penetapan calon terpilih bupati dan wakil bupati Malaka. Setelah ada surat rekomendasi dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan bahwa Pilkada Malaka tidak dalam sengketa.

“Hasil perolehan suara terbanyak sudah ada. Selanjutnya tahapan penetapan bupati dan wakil bupati. Tetapi jika ada saksi yang keberatan dan tempuh jalur hukum itu haknya. Sebagai penyelenggara kita siap ,” tandasnya.

Makarius mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah terlibat mengambil bagian menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Malaka. Sehingga tingkat partisipasi pemilih untuk Pilkada Malaka mencapai 85,32%. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kelancaran Pilkada Malaka.

Sementara Ketua Bawaslu Malaka Petrus Nahak Manek mengatakan proses Pilkada Malaka berjalan aman lancar dan sukses. Tidak ada kecurangan dan praktek money politik. Proses Pilkada Malaka berjalan efektif. Sebagai pengawas tentunya mengapresiasi kedua paslon yang sudah bertarung dalam perhelatan Pilkada ini.

Baca Juga:  Warga Eks Timor Leste Akui "Roh" Ludofikus Taolin Ada Pada Kim Taolin

Menurut Petrus proses pleno dari kecamatan hingga pleno rekapitulasi di Kabupaten berjalan sesuai mekanisme dan prosedur aturan. Terhadap keberatan saksi paslon nomor urut 2 yang menolak tidak menandatangi berita acara pleno rekapitulasi itu adalah haknya yang diatur dalam regulasi PKPU. Sehingga keputusannya tentunya harus dihormati.

Akan tetapi keputusan saksi tentunya tidak menghambat tahapan proses yang sedang berjalan. Pleno rekapitulasi penghitungan suara yang sudah dihasilkan adalah sah karena sesuai mekanisme aturan yang berlaku.

” Jika ada saksi yang keberatan ada temuan atau kecurangan silahkan sampaikan dengan bukti dan data kita siap untuk proses,” tandasnya. (Joka/ Gio)

  • Bagikan