Polda NTT Amankan 9 TKI Ilegal Asal TTU

  • Bagikan

TimorBerita. Kupang – Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menggagalkan 9 orang calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal.

TKI asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) diamankan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda NTT di Kupang, Selasa (26/1/2021) sekira pukul 17.00 Wita. Rencananya, mereka akan diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Para calon TKI terdapat juga tiga orang ibu-ibu diberangkatkan oleh PT. Mitra Jaya Cemerlang untuk bekerja di perkebunan kelapa sawit Kalimantan Tengah.

Baca Juga:  Pasien Sembuh Corona Hadiri Apel, Kapolres Belu Himbau Kawal Vaksin

Para calon TKI di bawa ke Ruang Pelayanan Khusus (RPK) Ditreskrimum Polda NTT untuk pemeriksaan selanjutnya.

Kabid Humas Polda NTT AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto, Rabu (27/1/2021) membenarkan 9 orang asal TTU yang diamankan Polda NTT pada Selasa malam.

Calon TKI direkrut salah satu perusahaan untuk diberangkatkan dengan tujuan Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca Juga:  Wakil Bupati Lembata Undang Sukseskan Liga III ETMC, PS Malaka Optimis Masuk Final

Mantan Kapolres TTU menjelaskan sebanyak 9 orang diduga akan menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan (TPPO) oleh perusahaan yang sudah dikantongi identitas nama perusahaannya.

Dikatakan setelah dilakukan pemeriksaan calon TKI tidak memiliki Dokumen Resmi Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) dari Dinas Nakertrans baik Kabupaten maupun Provinsi NTT.

Texans para korban TKI sudah diserahkan ke Dinas Nakertrans Provinsi NTT untuk di pulangkan kembali ke kampung halaman di kabupaten Timur Tengah Utara. (Gio/ 01-TB)

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 THR Dan Gaji 13 PNS 2021 Utuh

Editor Giovanni E. Neno

  • Bagikan
error: Content is protected !!