Polres Belu Tegas Pengguna Sepeda Motor Wajib Dua Helm

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua – Kepolisian Resor Belu melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) terus menciptakan keamanan dan ketertiban bagi pengguna jalan raya.

Kegatan operasi yang digelar Satlantas Polres Belu untuk menertibkan pengguna kendaraan bermotor khususnya roda dua.

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Iptu Brian Wicaksono melalui Kanit Dikyasa Polres Belu Bripka Kusmahardi Kamis, 21 Oktober 2021.

“Secara kasat mata kita melihat pengguna roda dua di wilayah Polres Belu paling sering tidak menggunakan helm saat berkendara sehingga kita adakan penertiban wajib dua helm saat berkendara,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sentuhan Polres Malaka Untuk Koban Banjir Desa Mota'ain

Bripka Kusmahardi yang biasa disapa Ardi menyesalkan kesadaran masyarakat yang belum menyadari keselamatan berkendaraan. Artinya masyarakat lebih sayang kendaraan dari pada sayang diri sendiri.

” Kita di Belu kebanyakan mampu beli motor tapi tidak mampu beli helm. Ini konyol karena ketika terjadi tabrakan, motor tetap ada tapi bisa saja ada kehilangan nyawa. Jadi lebih baik beli helm dari pada beli motor sehingga ketika bepergian menggunakan motor kita sudah punya helm karena lebih baik kehilangan motor dari pada kehilangan diri,” tegasnya.

Baca Juga:  Aksi Tim Patroli di Malam Pergantian Tahun di Atambua Kota Perbatasan RI -RDTL

Menurut Ardi pihaknya akan bekerjasama dengan pihak diler sebagai penjual kendaraan roda dua untuk tercapainya program ini.

Ia juga menambahkan bahwa pihak dealer boleh mencantumkan nama sponsor pada helm yang diberikan kepada konsumen sebagai wujud kepedulian dari para penyedia kendaran kepada masyarakat.

“Kita boleh saja tegakkan aturan, namun harus mampu menghadirkan solusi. Kita bekerjasama dengan pihak dealer yang mau membantu untuk pengadaan 2 helm untuk setiap unit kendaraan. Minimal solusi sedikit tapi dampaknya besar bagi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Direktur Penyidikan KPK Jadi Kapolda NTT, Lotharia Latif Jadi Kapolda Maluku

Selain target utama penertiban 2 helm tersebut, pihaknya juga akan menertibkan kelengkapan kendaraan roda dua seperti spion, lampu sein dan kelengkapan lainnya.(Ren/Azka)

  • Bagikan