Praktisi Hukum Unwira Kupang, Angkat Bicara Ponceratan Anggota PKH Desa Numponi Malaka

  • Bagikan

TimorBerita. Kupang –Pencoretan sejumlah anggota Program Keluarga Harapan
(PKH) di Desa Numponi Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mendapat sorotan serius banyak kalangan.

Praktisi Hukum Mikhael Feka, Kamis (19/11/2020) angkat bicara, terkait tindakan pencoretan anggota PKH yang dinilai syarat kepentingan.

Dosen Fakultas Hukum Unwira Kupang menjelaskan bahwa program PKH merupakan program pusat yang di gelontorkan pada warga kurang mampu.

Menurut Mikhael, proses rekrut anggota PKH dan peruntukannya sesuai regulasi. Tetapi jika benar dicoret tanpa alasan maka perlu dicurigai ada unsur lain di dalam. Program milik pemerintah pusat jika disalahgunakan tentunya harus bertanggungjawab.

Baca Juga:  Belum Tersentuh Bantuan Rumah, Ini Sikap Ketua Komisi III DPRD Malaka

Praktisi Hukum menilai momentum pilkada tidak boleh di baluti politik intimindasi, kekerasan dan tekanan terhadap siapa pun.

Biarkan masyarakat bebas memilih sesuai hati nurani. Kompetisi terbuka harus bersaing sehat dan cerdas sehingga demokrasi atau yang disebut pesta rakyat tidak di lecehkan.

Menurut Mikhael tindakan pencoretan anggota PKH perlu menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Sehingga tidak seenaknya oknum pendamping atau siapapun di daerah atau desa mengambil kebijakan sendiri untuk mencoret karena merugikan masyarakat penerima manfaat.

Baca Juga:  Bupati Belu: Issue Lingkungan Hidup Jadi Agenda Dunia

Apa lagi pengakuan korban terkait penanda tanganan surat itu di paksa oknum pendamping PKH.

” Tindakan keliru sebaiknya tidak boleh terjadi ditengah pesta rakyat. Masyarakat harus bebas, tidak boleh ditekan, dipaksakan biarkan bebas pilih,” ujar Mikhael.

Sebelumnya media Timorberita.com melansir sebanyak 4 orang anggota PKH di desa Numponi Kecamatan Malaka Timur dicoret keanggotaannya.

Baca Juga:  Kampanye di Laenmanen Warga "Hening" Hormati Dua Tokoh Mantan Wakil Bupati Asal Foho

Belum diketahui alasan penyebab pencoretan sejumlah anggota PKH. Dugaan kuat berkaitan dukungan politik Pilkada Malaka. Sejumlah warga menghadiri kampanye paslon Simon Nahak Kim Taolin paket SN – KT di coret oleh pendamping PKH Desa Numponi.

Sejumlah warga mengaku dalam rapat PKH peserta diarahkan untuk mendukung paket SBS -WT paslon Stef Bria Seran dan Wendelinus Taolin (Joka/Gio)

  • Bagikan
error: Content is protected !!