PTT Gugat Mantan Bupati TTU, Nilai Kerugian Fantastis

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu – Kasus penelantaran terhadap 9 orang Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) akhirnya berbuntut hukum.

Para PTT tenaga guru dan umum resmi mendaftarkan gugatan perdata kepada Pengadilan Negeri (PN) Kefamenanu, Senin (22/2/2021) kemarin.

Mereka nekat menggugat mantan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, mantan Penjabat Sekda TTU, Fransiskus Tilis, yang saat itu menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) TTU dan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga dan Sekretaris DPRD TTU.

Baca Juga:  Bupati dan Wabup Terlantik Tancap Gas, Tidak Boleh Santai

” Kemarin kami sudah mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Kefamenanu. Tergugatnya mantan Bupati TTU dan beberapa mantan/penjabat terkait,” tandas Magnus Kobesi, Selasa (23/2/2021) selaku Tim Kuasa Hukum Penggugat.

Menurut Magnus, isi gugatan itu mendesak para tergugat agar segera membayar ganti rugi secara material maupun immaterial atas kerugian ke sembilan PTT. Karena sudah mengabdi 14 bulan tetapi tidak menerima upah gaji.

Baca Juga:  Polres Belu Terus Edukasi, Warga Jangan Santai Covid-19

” Hak upah selama 14 bulan. Terhitung sejak 1 Januari 2020 sampai Februari 2021. Biaya ganti rugi baik secara material maupun secara immaterial sebesar Rp 2. 628.200.000. Pihak tergugat harus bayar kerugian senilai itu, ” tandas Direktur LBH Timor ini.

Menurut Magnus materi gugatan sudah dilengkapi sejumlah alat bukti seperti SK pembagian tugas dan jam mengajar, daftar hadir dan bukti autentik lainnya.

Sehingga selaku penggugat berharap gugatan yang sudah didaftarkan ke pengadilan bisa berproses agar memberikan kepastian hukum terhadap tenaga PTT.

Baca Juga:  Angkut 20 Karung Rokok Masuk Tiles, Polisi Amankan Perahu dan Pelaku

Dikatakan, para tergugat dijerat pasal 1.365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHP). Setiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut.

Sementara pihak tergugat Mantan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes belum berhasil di konfirmasi hingga berita ini diturunkan. (Rey-07/ Tbc)

Editor Giovanni Elias

  • Bagikan
error: Content is protected !!