PUSKOPCUINA Gelar Seminar Nasional, Bupati Belu Apresiasi Belu Tuan Rumah

  • Bagikan

TimorBerita, Atambua – Bupati Belu Agustinus Taolin mengapresiasi kepada Pusat Koperasi Credit Union Indonesia (PUSKOPCUINA) yang melaksanakan kegiatan Seminar Nasional dalam rangka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 di Kabupaten Belu, Provinsi NTT.

Hal ini disampaikan Bupati Belu Agustinus Taolin saat membuka rangkaian acara Seminar Nasional bertempat di Ballroom Hotel Matahari Atambua, Rabu, 18 Maret 2022.

Apresiasi Bupati Belu ini dikarenakan Credit Union Kasih Sejahtera (CUKS) Atambua ditunjuk sebagai tuan rumah dalam menyukseskan kegiatan akbar ini.

Dengan mengusung tema: “Meningkatkan Pemberdayaan Anggota Melalui Implementasi Business Development Services”.

Bupati Belu, Agustinus Taolin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para utusan dari 46 CU Primer anggota PUSKOPCUINA di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Kendala Vaksinasi Hubungi Call Center 119, Nik Lapor Disdukcapil

Menurut Bupati Belu, cerminan dari PUSKOPCUINA dengan kehadiran CU Kasih Sejahtera Atambua merupakan koperasi yang tercatat baik di kabupaten Belu.

“Saya lihat dari sisi permodalan, aset, keanggotan, kontribusi dan lain-lain, koperasi Credit Union memiliki profil yang sangat baik,” ucap Bupati Belu.

Dirinya mengharapkan keteladanan dari PUSKOPCUINA menjadi contoh bagi koperasi yang ada di kabupaten Belu dengan menjadi pembimbing, pembina dan penasehat agar kedepannya semua koperasi di wilayah perbatasan RI-RDTL bisa berkembang seperti Credit Union saat ini.

Bupati Belu juga mengapresiasi kegiatan Seminar Nasional yang merupakan rangkaian kegiatan RAT ke-33 PUSKOPCUINA, karena masih ada kendala yang dihadapi pihaknya dalam bimbingan, pengawasan, pengendalian, monitoring dan evaluasi.

“Oleh karena itu, saya sangat berharap kegiatan kegiatan hari ini kita bisa mendapatkan hal-hal positif untuk perkembangan koperasi di Indonesia khususnya kabupaten Belu ini,” harapnya.

Baca Juga:  Nasdem Vaksinasi Dukung Pemkab Belu Percepatan Target Vaksinasi

Mengakhiri sambutannya, Bupati Belu memberikan apresiasi kepada PUSKOPCUINA yang telah menghadirkan para narasumber handal, sehingga dirinya menugaskan dinas terkait (Dinas Koperasi) untuk mengikuti rangkain kegiatan seminar dengan baik demi kemajuan dan pekembangan perkoperasian di wilayah kabupaten Belu kedepannya.

Sementara itu Ketua Pengurus PUSKOPCUINA, Marselus Sunardi dalam sambutannya menggaungkan yel-yel karakter orang Credit Union dengan diikuti seluruh peserta yang hadir.

“Kalau tidak karena perlu, mungkin saya tidak ke Jakarta. Kalau tidak karena CU, sampai hari ini pun ada yang belum pernah ke Atambua,” ucap Maselus disambut tepukan tangan yang meriah dari peserta.

Menurutnya, momentum RAT ke-33 PUSKOPCUINA merupakan sarana pembelajaran untuk menjadikan Credit Union yang sejati, sehat dan berkelanjutan. Hendaknya momentum dijadikan sebagai ajang bertemu untuk saling asah, saling asuh dan saling asih, dengan menjadikan pemberdayaan sebagai hal yang utama dalam gerakan ini, maka dirasa perlu adanya pendalaman melalui kegiatan Seminar Nasional.

Baca Juga:  Genjot Ekonomi Masyarakat, Projamin Belu Bergerak di Pandemi Covid-19

Prinsip utama CU sejak PUSKOPCUINA dibentuk, lajut Marselus, adalah memurnikan gerakan Credit Union dengan sikap dan tindakan bersama dan berani menempatkan diri sebagai Credit Union pemberdayaan bagi anggotanya.

“Dalam hal ini, CU harus ambil bagian dengan melakukan intervensi kepada para anggota, dengan mewujudkan aktifitas pemberdayaan melalui pendampingan kelompok binaan. Ayo menjadi pahlawan pemberdayaan karena aktifitas pemberdayaan adalah hal yang wajib kita lakukan di semua CU anggota PUSKOPCUINA” tandasnya.

  • Bagikan