Rapat Evaluasi Kinerja RPJMD, Begini Penegasan Bupati Belu

  • Bagikan
Bupati Belu Saat buka rapat RPJMD Belu

TimorBerita. Atambua || Bupati Belu, Agustinus Taolin didampingi Plt. Kepala BP4D Belu, MK Eda Fahik membuka rapat evaluasi pencapaian indikator kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Belu tahun 2016-2021.

Kegiatan rapat evaluasi dilaksanakan tanggal 7 Juni hingga 11 Juni 2021, yang berlangsung di Gedung Wanita Betelalenok Atambua.

Bupati Belu Agustinus Taolin , Senin (7/6/2021) dalam sambutan pembukaan kegiatan rapat evaluasi mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan untuk mengevaluasi terhadap apa yang sudah dibuat selama kurun waktu 5 tahun sebelumnya.

“Ini adalah evaluasi, supaya kita mau mulai dimana, kedepan apa yang mau dilakukan, membandingkan dengan apa, yang baik kita teruskan, yang tidak baik kita hentikan, yang salah diperbaiki, yang kurang dilengkapi,” tandasnya.

Menurut Bupati Agus, melalui rapat evaluasi seluruh komponen diundang untuk memberikan masukan – masukan sesuai pengalaman, keahlian masing-masing agar kedepan pemerintahan berjalan sesuai koridor aturan.

Baca Juga:  KPU Malaka Tetapkan Simon - Kim, Pelantikan Tunggu Jadwal Mendagri

Dalam evaluasi beberapa dinas akan dievaluasi untuk disesuaikan dengan visi misi pemerintah saat ini. Visi membangun manusia Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif, dan sumber daya manusia kami tempatkan pada point yang tertinggi.

” Saya ingatkan agar melakukan sesuatu kegiatan harus dikaji betul sehingga manfaat yang diterima oleh masyarakat sesuai dengan harapan kita,” tandasnya.

Bupati Agus juga mengingatkan semua untuk memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. walau Belu masuk zona hijau, tetapi selalu waspada tidak boleh lengah. Sebab ketika bencana itu datang kita tidak punya waktu untuk persiapan lagi.

” Siapkan semuanya sebelum wabah datang. Kita siapkan lagi rumah sakit, lihat kapasitas tempat tidurnya dan lain-lain,” tandasnya.

Selain itu lanjut Bupati Agus, terkait vaksin harus digenjot dan dioptimalkan agar naik pada level yang aman, level yang protektif, dimana dalam satu kelompok, komunal, komunitas harus mencapai 70 %.

Baca Juga:  Dokumen Diterima KPU Paket Sehati Optimis Menang

“Hampir seluruh petugas kesehatan sudah divaksin, Kepala Desa dan Camat sudah divaksin, guru-guru saat ini sedang dalam proses vaksinasi, dan untuk lansia angka vaksinnya masih kecil,” tandas Bupati Belu.

Sedangkan Wakil Bupati Belu, Aloysius Haleserens, dalam kesempatan itu menekankan pentingnya kevalitan data. Data harus pasti serta tahu jelas. Selain itu berpesan agar hindari kepentingan politik dalam menjalankan tugas.

Ia memotivasi semua ASN agar bekerja profesional sebagai abdi negara, yang ditunjukan prestasi kerja bukan kepentingan politik atau lainnya.

“ Saya minta PNS tunjukkan prestasi, dedikasi kepada pemerintah dan masyarakat, tunjukan loyalitas dan moralitas atau tidak tercela. Buang jauh-jauh hal negatif dari hati dan pikiran. Tanamkan hal positif dalam diri untuk memajukan Kabupaten Belu melalui berbagai sektor,” tandasnya.

Baca Juga:  Dua Pasien Covid Belu Tiba di Surabaya, Begini Komentar Medevac One Care Partner Pesawat Evakuasi

Sementara Plt. Kepala BP4D Kabupaten Belu, M.K Eda Fahik menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan evaluasi pencapaian indikator kinerja RPJMD Kabupaten Belu tahun 2016-2021, untuk mendapatkan berbagai informasi tentang capaian-capaian kinerja selama 5 tahun kemarin dan juga beberapa kendala yang dihadapi oleh organisasi perangkat daerah.

Lanjutnya dengan dilakukan evaluasi ini diharapkan mendapatkan data yang valid dalam rangka penyusunan RPJMD 2021-2026.

Sekedar tahu, Kegiatan Rapat evaluasi ini dilaksanakan mulai tanggal 7 – 11 Juni 2021. Rapat evaluasi ini dihadiri pemerhati sumber daya manusia dari berbagai unsur untuk memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Belu.

Usai pembukaan rapat, dilanjutkan dengan pemaparan capaian indikator kinerja dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Belu serta dilanjutkan dengan diskusi. (hum/ren)

  • Bagikan