Reses, Warga Usul Pemekaran Desa Litamali, Ini Jawaban DPRD Malaka

  • Bagikan

Timor Berita.Betun || Masyarakat Desa Litamali, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengusulkan untuk pemekaran desa di wilayah itu.

Usulan warga terkait pemekaran desa disampaikan saat berlangsungnya reses atau jaring aspirasi oleh Anggota DPRD Malaka yang juga Ketua Komisi III, Felix Bere Nahak, pada Minggu (14/3/2021).

Saat berlangsungnya reses yang berlokasi di Dusun Sukabisikun, Desa Litamali ini, spontan muncul karena warga setempat sudah lama merindukan adanya pemekaran desa.

Warga menginginkan pendekatan pelayanan pemerintah sebab selain jumlah jiwa padat dan wilayahnya luas.

” Sudah saatnya Dusun Sukabisikun dimekarkan menjadi desa. Kami warga disini sangat rindu pemekaran desa. Kami mohon dukungan bapak dewan sebagai penyambung aspirasi warga,” tandas Oktovianus Berek warga setempat.

Baca Juga:  Tiga Ranperda Dibahas, Ranperda Lembaga Adat Malaka Menyusul

Menurut Oktofianus pemekaran satu desa di wilayah Kecamatan Kobalima, namanya diusulkan namanya Desa Sukabisikun. Usulan pemekaran desa mohon untuk diprioritaskan sehingga pelayanan pemerintah dan perhatian pembangunan lebih baik dari saat ini.

Dikatakan, yang terjadi selama ini Dusun Sukabisikun jauh dari sentuhan pembangunan fisik. Seperti jalan lingkungan di dusun ini belum tersentuh jalan aspal. Hal ini berbeda dari semua dusun lainnya di Desa Litamali yang sudah dilakukan peningkatan jalan aspal.

” Dusun Sukabisikun menjadi dusun paling besar di Desa Litamali. Terdapat seratus lebih Kepala Keluarga (KK) dan 300 lebih pemilih. Itu sudah layak untuk mekar jika ada niat serius pemerintah untuk dimekarkan,” ujarnya.

Baca Juga:  Warga Terlambat Olah Lahan Henri Simu Bantu Hand Tractor

Ia berharap aspirasi warga bisa fokus diperjuangkan oleh wakil rakyat, hingga tuntas. Sebab melalui pemekaran tentunya akan lebih mendekatkan kesejahteraan dan lebih cepat dampak pembangunan lainnya.

Menanggapi permintaan warga tersebut, Anggota DPRD Malaka Felix Bere Nahak mengatakan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat. Sehingga usulan seperti pemekaran desa tentunya akan disampaikan dan diperjuangkan peningkatan status dusun menjadi desa.

Politisi Nasdem itu juga menjelaskan, sudah kesekian kalinya pihaknya sudah mendengar usulan pemekaran desa. Akan tetapi secara resmi belum ada perwakilan masyarakat meminta kepada kantor DPRD Malaka untuk menyampaikan secara langsung
.

Baca Juga:  Lakalantas Renggut Nyawa Jurnalis Media Timordaily

Dikatakan sebagai wakil rakyat dari Dapil ini, tentunya akan terus berjuang mengawal permintaan warga agar bisa terealisasi. Tentunya berproses sesuai aturan dan mekanisme pemekaran wilayah.

” Aspirasi masyarakat ini akan diperjuangkan di lembaga DPRD bersama pemerintah. Kita akan dorong dan perjuangkan bersama mitra pemerintah,” tandasnya.

Selain usulan pemekaran desa, dalam dialog reses tersebut warga juga mengusulkan untuk diperhatikan kebutuhan air bersih, juga dukungan bantuan perumahan layak huni dan WC sehat. (Vic/06)

Editor Giovanni Elias

  • Bagikan
error: Content is protected !!