Resmi Diakui Pejuang, 11 Ribu Eks Timor Timur Terima Piagam dan Pin Bela Negara

  • Bagikan

Timor Berita, Atambua – Sebanyak 11 ribu pejuang eks Timor-Timur resmi diakui negara sebagai pejuang.

Buktinya warga eks Timor Timur menerima penghargaan berupa piagam dan Pin Bela Negara dari Kementerian Pertahanan RI.

Penghargaan dan Pin Bela Negara diserahkan langsung oleh Direktur Jendral Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahanan, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha di Stadion Haliwen Atambua, Kamis (4/11/2021).

Acara ini diawali upacara yang dihadiri ribuan patriot bela negara sekaligus penyerahan penghargaan dan penyematan pin patriot oleh Dirjen Pothan Kemenhan, Sekda Provinsi NTT dan Bupati Belu kepada 23 perwakilan.

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirjen Pothan Kemenhan, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha mengatakan ini merupakan salah satu wujud penghargaan negara kepada warga negara Indonesia yang berjasa menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI. Juga melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Baca Juga:  Warga Eks Timor Timur Ikut Sosialisasi dan Terima Penghargaan dari Kemenhankam

Prabowo berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkembangkan semangat bela negara merupakan tugas dan kewajiban semua sebagai warga negara Indonesia.

“Saya mengajak kita semua untuk menjalankan tugas dan kewajiban kebangsaan serta bersama-sama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing. Bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri, bukan hanya tugas petinggi negara tetapi semua WNI,” tandasnya.

Baca Juga:  15 Tahun Lagi NTT Provinsi Terkaya Indonesia

Menhan Prabowo juga mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dan pin patriot bela negara. Sebagai kader Bela Negara Provinsi NTT yang menerima penghargaan.

“Kalian adalah warga negara Indonesia yang telah berjuang mempertahankan Timor-Timur dari tahun 1975 sampai pasca jajak pendapat tahun 1999. Kesetiaan saudara-saudara kepada NKRI diwujudkan dengan memilih untuk tetap menjadi WNI pasca referendum tahun 1999 yang membuat Provinsi Timor-Timur lepas dari Indonesia menjadi negara Timor Leste,” ujar Prabowo.

Menhan Prabowo mengatakan bahwa setiap WNI yang telah membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI berhak menerima penghargaan. Penghargaan piagam dan pin bela negara, ini merupakan bentuk komitmen dan perhatian atas pengorbanan kesetiaan kepada NKRI.

Baca Juga:  Mantan Walikota Kupang Divonis Bebas, Belum Finish JPU Banding

Sedangkan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Benediktus Polo Maing menyampaikan apresiasi dan proficiat atas penganugerahan penghargaan bela negara dan penghargaan PIN bela negara bagi masyarakat NTT.

“Saya atas nama Gubernur dan Pemerintah Nusa Tenggara Timur menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri Pertahanan melalui Bapak Dirjen yang berkenan memberikan penghargaan dan pin patriot bela negara,”ungkapnya.

  • Bagikan
error: Content is protected !!