Ribuan Pejuang Eks Timor Timur Terima Penghargaan Patriot Bela Negara

  • Bagikan

TimorBerita. Kupang || Ribuan pejuang eks Timor Timur yang bermukim di Timor barat Provinsi Nusa Tenggara Timur sejak Jumat, 4 Juni 2021 hingga Selasa 7 Juni 2021 menerima penghargaan Patriot Bela Negara yang dianugerahkan Kementerian Pertahan Republik Indonesia.

Ketua Umum Forum Komunikasi Pejuang Timor Timur Provinsi NTT, Eurrico Gutteres, dihubungi melalui handphon selullernya membenarkan pemberian penghargaan Patriot Bela Negara kepada ribuan pejuang eks Timor Timur di kota dan Kabupaten Kupang.

Lebih jauh Eurrico menjelaskan, pemberian penghargaan kepada para eks pejuang Timor Timur ini atas kerjasama Forum Komunikasi Pejuang Timor Timur dengan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI kepada 3.457 pejuang eks Timor Timur yang berdomisili di kota dan kabupaten Kupang yang mulai dilaksanakan sejak Kamis 3 Juni 2021 hingga saat ini.

Baca Juga:  Agustus Pilkades Serentak TTU, Begini Kesiapan Dinas PMD

Eurrico, yang dihubungi sedang melakukan sosialisasi sekaligus penyerahan penghargaan di Naibonat Kabupaten Kupang menjelaskan, kegiatan ini diawali dengan sosialisasi dari Direktorat Jendral Potensi Pertahanan Kemenhan dan FKPTT dan para pihak terkait yang dilakukan pada hari pertama, Kamis (3/6/2021).

Menurut Euricco, mengingat jumlah penerima penghargaan Patriot Bela Negara di kota dan Kabupaten Kupang cukup banyak 3.457 orang maka penyerahan dilakukan secara bertahap. Dimana untuk pertama kalinya dilaksanakan Jumat (4/6/2021) sebanyak 300 orang, dan yang lainnya pada hari kedua Minggu (6/6/2021) khusus kepada pejuang eks Timtim dari kabupaten Alieu yang berdomisili di Asamtiga Naibonat.

Baca Juga:  Bupati Belu Sudah Divaksin, Giliran Nakes dan Warga

Sedangkan pada hari yang ketiga dilakukan Selasa (8/6/2021) penyerahan penghargaan khusus kepada pejuang asal Baucau sebanyak 561 orang yang berdomisili di Kelurahan Naibonat Kabupaten Kupang.

Ketika ditanya soal alasan penyerahan penghargaan kepada 3.457 orang ini, mantan Ketua DPW PAN NTT ini mengatakan, pemberian penghargaan ini diberikan kepada para pejuang eks Timor Timur atas jasa dan pengabdian bagi NKRI dan merah putih.

Baca Juga:  Kapolres Belu Pastikan Hari Raya Paskah Aman, Gereja disterilisasi

” Mereka para pejuang eks Timor Timur telah merelakan dan mengobarkan dirinya,¬† meninggalkan tanah kelahirannya hanya karena besar cintanya bagi negara,”
Karena itu, kata Eurrico, pihaknya sebagai Forum Pejuang Timor Timur bekerjasama dengan Kementrian Pertahanan RI melalui Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan untuk memberikan penghargan kepada eks pejuang Timor Timur  atas pengabdian dan pengorbanannya. (rui/kend)

  • Bagikan
error: Content is protected !!