THS-THM Ranting Tunbaba Gelar Ret-Ret Agung, Sahkan Anggota Baru

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Organisasi pencak silat pendidikan Tunggal Hati Seminari -Tunggal Hati Maria (THS-THM) Ranting Tunbaba menggelar kegiatan Ret-Ret Agung yang terpusat di Desa Bitefa, Kecamatan Miomaffo Timur Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan pendalaman iman, mental dan fisik bagi semua anggota ranting Tunbaba digelar selama empat hari, terhitung sejak 24 Juni- 27 Juni 2021 yang terpusat di pelataran kantor Desa Bitefa. Peserta kegiatan berjumlah 158 orang terdiri dari 109 anggota baru dan 49 senior.

Ketua Panitia Marselus Amaina Mingggu (27/6/2021) mengatakan kegiatan Ret-Ret THS-THM merupakan kegiatan rutin tahunan diselenggarakan sebagai pedalaman iman mental dan fisik untuk anggota baru di wilayah ranting Tunbaba.

Marselus merincikan Materi kegiatan meliputi SejarahTHS-THM,  Bunda Maria sebagai Bunda Gereja, Siapakah Aku, Militansi THS-THM, Kewirausahaan, sharing Kitab Suci, spiritualitas iman dan pembinaan fisik kepada peserta yang resmi menjadi anggota junior atau tingkat satu THS-THM.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Belu Turun Pantau Kesiapan Gereja Jelang Paskah

“ Ini syarat yang wajib diikuti anggota baru sebelum menjadi senior atau tingkat pelatih,” tandas Marselus.

Menurut Marselus kegiatan Ret-Ret selama empat hari sebagai pembinaan awal yang wajib diikuti anggota baru dan bukan hanya sampai disini tetapi ini sebagai langkah pembuka untuk melangkah kedepan sebagai prajurit gereja. Tekun belajar, disiplin, rendah hati, menghargai sesama dan lainnya menjadi kunci sukses sebagai anggota THS –THM di lingkungan tinggal atau di mana saja berada.

Sementara Pendamping THS-THM Ranting Tunbaba Albert Kolo saat penutupan kegiatan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah desa yang sudah mendukung kelancaran kegiatan Ret-Ret untuk THS-THM sebagai organisasi gereja yang senantiasa selalu hadir mengawal gereja dan para biarawan biarawati.

Baca Juga:  Penyerahan SK Guru Kontrak, Ketua PGRI Apresiasi Bupati dan Wabup TTU

Albert mengatakan anggota baru yang disahkan saat ini menjadi anggota junior agar serius dan tekun belajar sehingga bisa sampai tingkatan senior atau pelatih. Harus bangga karena sudah bergabung menjadi anggota kopasus gereja sehingga jumlah yang ada  tetap konsisten dan jangan sampai berkurang keanggotaan.  

 “ Saudara tidak salah jatuhkan pilihan untuk bergabung di organisasi ini. Hikmahnya sangat besar untuk pribadi, sesama dan terlebih untuk Tuhan,” tandasnya.

Sedangkan Agustinus Amaina dalam sambutannya mewakili Pemerintahan Desa Bitefa mengaku bangga dan senang adanya kegiatan akbar Ret-Ret Agung organisasi THS-THM yang baru pertama kali terjadi di Bitefa. Tentunya pemerintahan desa sangat mengapresiasi kegiatan olahraga pencak silat pendidikan THS-THM.

Baca Juga:  Ini Daftar Pemenang Sayembara Golkar NTT, Rakyat Bicara Golkar Mendengar

“ Sebagai tuan rumah kami menyambut baik kegiatan pendalaman iman mental dan fisik dari peserta anggota baru. Kita harap kedepan ada tambahan anggota baru lagi,” tandas Sekretaris Desa Bitefa ini.

Agustinus juga berharap semua anggota THS-THM yang baru di sahkan agar mengikuti jejak para senior. Hidup harus bermafaat untuk orang banyak dan menjadi teladan yang baik untuk keluarga dan masyarakat.

Sebagai anggota organisasi pencak silat pendidikan ini tentunya menjadi motivasi untuk bagimana hidup rukun dengan organisasi lain, dan bukan untuk bertanding menguji kekuatan. Tetapi yang dikedepankan hidup berdamai dengan sesama daan saling membantu bukan untuk mencari musuh. (Reymol/C5)    

   

  • Bagikan
error: Content is protected !!