Dinas PUPR Malaka Angkut Kembali Tumpukan Sampah di Hutan Kateri

  • Bagikan

TimorBerita. Betun – Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Malaka, akhirnya mengangkut kembali tumpukan sampah di Hutan lindung Kateri.

Pengangkutan kembali sampah dipimpin Kepala Dinas PUPR Kabupaten Malaka Yohanes Nahak, pada Rabu (17/2/2021) siang.

Pengangkutan kembali sampah itu sebagai komitmen Kepala Dinas PUPR Belu, bersama DPRD Malaka. Lantaran sehari sebelumnya massa Forum Pemuda Peduli Lingkungan (FPPL) Malaka, menggelar aksi membawa sejumlah karung berisi sampah dari Hutan Kateri dan dibuang di halaman kantor Dinas PUPR.

Kepala Dinas PUPR Yohanes Nahak mengatakan meski bukan Dinas yang membuang sampah di lokasi ini tetapi sebagai Dinas teknis dan pimpinan harus bertanggung jawab mengangkut kembali tumpukan sampah.

Baca Juga:  Bansos Salah Sasaran Warga Kateri Protes Datangi DPRD Malaka

” Sampah harus dibersihkan kembali. Harus dibawa keluar dari Hutan Lindung ini. Ini hutan lindung, hutan negara. Tidak boleh sembarangan buang sampah disini,” tandas Yohanes.

Menurut Yohanes tumpukan sampah dibuang sekelompok orang yang melakukan bakti sosial pada Sabtu (13/2/2021). Saat itu sampah diangkut dengan truk milik Dinas PUPR. Tetapi yang kemudi truk bukan sopir Dinas . Tetapi mobil angkut sampah itu di bawa oleh sopir dari relawan yang melakukan aksi bakti sosial.

Sementara Acecio Parera membenarkan relawan RTS Center, YBL Creator dan Nakes Puskesmas Betun menggelar bakti sosial pembersihan sampah di Kota Betun.

Baca Juga:  TTU, Banyak Mantan Kades Bakal Gagal Maju pada Pilkades

Sampah itu di angkut dan di buang di lokasi Hutan Lindung Kateri atas rekomendasi dari Kepala Bidang Kebersihan Dinas PUPR Kabupaten Malaka. Sampah itu awalnya mau di buang di hutan Wemer. Tetapi, atas rekomendasi Pak Kabid Yanuarius Tae, sehingga sampah itu dibuang di hutan Kateri.

” Pak Kabid bilang buang saja di sana asal jangandi pinggir jalan tetapi harus buang ke dalam hutan,” tandas Acecio mengulang pesan Kabid Yanuarius Tae.

Cuma tahu, Forum Pemuda Peduli Lingkungan Hidup Malaka mendatangi DPRD Malaka, Selasa (16/2/2021). Massa saat melintas membawa sejumlah karung berisi sampah diangkut dari tumpukan sampah di Hutan Lindung Kateri dan membuang di halaman Dinas PUPR Malaka.

Baca Juga:  Bupati Malaka Segera Eksekusi ASN Terlibat Politik Praktis

Massa berdialog bersama Komisi III DPRD Malaka, Dinas PUPR Malaka, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malaka, UPT Dinas Kehutanan Propinsi NTT. Kesepakatannya Dinas PUPR Malaka komitmen untuk mengangkut kembali tumpukan sampah di area hutan lindung.

Janji Kepala Dinas PUPR akhirnya ditepati, buktinya keesokan hari setelah dialog, bersama stafnya langsung turun ke lokasi dan mengangkut kembali tumpukan sampah keluar dari Hutan Lindung Kateri. ( Viki-06/ Red)

Editor Giovanni Elias

  • Bagikan
error: Content is protected !!