Bansos Salah Sasaran Warga Kateri Protes Datangi DPRD Malaka

  • Bagikan

BETUN, Timorberita.com -Sejumlah warga Desa Kateri Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka terpaksa mengadu ke DPRD Malaka, Kamis (1/10/2020).

Kehadiran warga ini untuk mengadu karena bantuan sosial (Bansos) yang disalurkan selama masa pandemi Covid-19 dinilai tidak adil. Sesui data tercatat ada keluarga tertentu yang terima double. Ada pula aparatur desa juga terdaftar sebagai penerima bantuan.

Warga menuding ada yang tidak beres karena sasaran penerima manfaat bansos salah alamat sehingga perlu di selesaikan. Bila tidak warga ini mengancam akan mengadu  ke penegak hukum.

Baca Juga:  Bawaslu Minta Batalkan Instruksi ASN Pantau TPS, Begini Jawaban Pemda Malaka

Paskalius Kehi menuturkan bersama sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Malaka untuk mengadu.  Terkait sejumlah persoalan berkaitan dengan penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD), bantuan sosial tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH) dan perluasan sembako. Sejumlah jenis bantuan ini sasaran penerima manfaat tidak adil dan merata.

Menurutnya terjadi tumpang tindih dalam pembagian sejumlah jenis bansos untuk desa Kateri. Sesuai data ditemukan sejumlah warga yang terindikasi menerima bantuan sebanyak dua kali dari jenis bantuan yang berbeda.

Selain itu, kata Lius ada indikasi aparat desa yang menerima bantuan. Bahkan terdapat kepala keluarga yang menerima bansos menggunakan nama orang lain atau bukan haknya.

Baca Juga:  Santai di Pantai Motadikin Felix Bere Nahak Jaring Aspirasi Pemuda

Padahal, masih banyak warga yang mestinya layak terima tapi namanya tidak terdata.

“Kami datang bersama warga lain di DPRD Malka untuk dicarikan jalan keluar. Sehingga masalah penyaluran bansos di Desa Kateri diselesaikan,” sebut Paskalius di amini warga lainnya.

Jika tidak tidak ada solusi, pihaknya akan membawa masalah ke aparat penegak hukum. Sehingga di telusuri lebih lanjut sebab bantuan itu untuk masyarakat yang pembagiannya tepat sasaran.

Baca Juga:  Reses, Warga Usul Pemekaran Desa Litamali, Ini Jawaban DPRD Malaka

Smentara Anggota Komisi III DPRD Malaka, Maria Fatima Seuk Kain mengatakan sudah menerima pengaduan warga Desa Kateri terkait bansos selama pandemi Covid-19.

Atas pengaduan itu, Komisi III mengagendakan untuk menindaklanjutinya dengan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Penjabat Kades Kateri, Simon Klau dan mitra pemerintah Dinas teknis untuk penyelesaian masalah bansos yang diadukan warga.

Sementara Penjabat Kades Kateri, Simon Klau hingga berita ini di turunkan belum berhasil di konfirmasi terkait pengaduan warganya ini. (Joka)

  • Bagikan