Satgas Pamtas RI – RDTL 744/SYB Sweeping Perketat Jalur Perbatasan

  • Bagikan

TimorBerita, Atambua- Menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2021 wilayah perbatasan negara RI- Timor Leste, lebih diperketat pengamananya.

Langkah yang dilakukan untuk mencegah terjadinya aktifitas kegiatan ilegal di wilayah perbatasan negara ini Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komandan Pos (Danpos) Salore Letda Inf I Putu Gede Sudarsana Rabu (23/12/2020) mengatakan sweeping yang digelar di wilayah posnya merupakan atensi dari pimpinan.

Untuk mencegah sedini mungkin aksi-aksi ilegal yang dimanfaatkan menjelang hari raya Natal dan pergantian tahun baru.

Baca Juga:  Bandara Kabir Alor Diresmikan, Maret Penerbangan Kupang Pantar

” Fungsi kami sebagai aparatur negara. Saat ini sebagai penjaga perbatasan RI-RDTL. Sehingga perlu waspada karena daerah perbatasan sering digunakan para pelaku penyelundupan untuk mencari keuntungan,” tandanya.

Menurut I Putu, biasanya untuk mengelabui petugas dan menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen. Para pelaku sering memanfaatkan jalan tikus sebagai pelintasan yang aman padahal tindakan itu melanggar aturan. Aktifitas ilegal seperti penyelundupan bahan bakar minyak (BBM), narkoba, minuman beralkohol/minuman keras, sembako, hewan ternak hingga kendaraan.

Baca Juga:  Belu Berhasil Tekan Stunting, Begini Pesan Penjabat Bupati

” Sehingga kami melaksanakan penjagaan dan pemeriksaan di daerah perbatasan sebagai upaya pencegahan,” tambahnya.

Kegiatan sweeping ini lanjut I Putu merupakan wujud sinergitas Satgas dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat perbatasan. Sehingga warga perbatasan tidak cemas dan takut dengan aktifitas ilegal yang sering dilakukan para mafia bisnis.

Sementara Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, mengatakan personel Pos Salore Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB menjadi kegiatan rutin sebagai personil yang bertugas diperbatasan negara. Kegiatan sweeping yang dilakukan untuk mencegah tindakan illegal.

Baca Juga:  Pjs Bupati Belu Zaka Moruk Senin Mulai Berkantor

Menurut Alfat TNI sebagai garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menurut undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki banyak tugas dan peran.

Salah satunya tugas TNI dalam Pasal 7 ayat 2, poin 4 yaitu mengamankan wilayah perbatasan.

” Waspada itu penting sehingga perlu dilakukan sweeping. Sehingga menghindari kegiatan ilegal di perbatasan negara,” ujar Alfat. (Ren/ Ell)

  • Bagikan
error: Content is protected !!