Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu Mulai Oktober

  • Bagikan

TimorBerita. Jakarta || Masa tugas Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berakhir tahun depan.

Untuk itu pemerintah memastikan proses seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengatakan proses seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 dimulai sekitar Oktober atau November 2021.

“Kesiapan kita untuk SDM ada lembaganya sudah jelas KPU, Bawaslu, DKPP nah ini akan berakhir penyelenggara pemilu ini KPU yang sekarang akan berakhir April 2022,” tandas Bahtiar dalam diskusi daring, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga:  Pemkab Luncurkan KIA Bagi Ratusan Anak TTU

Bahtiar mengatakan, berdasarkan aturan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, proses seleksi harus dilakukan paling lambat enam bulan sebelum masa jabatan berakhir.

Dikatakan proses seleksi dilakukan terbuka bagi siapapun yang ingin menjadi anggota KPU dan Bawaslu.

“Jadi kira-kira bulan Oktober, bulan November dilakukan seleksi. Siapapun terbuka untuk publik sesuai dengan syarat-syarat diatur oleh Undang-Undang untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota KPU RI dan calon Bawaslu RI,” tandas Bahtiar seperti dilansir Kompas.com.

Baca Juga:  Pemilih: The Silent Killer

Mantan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri ini mengatakan, para calon anggota nanti akan diseleksi oleh pantia seleksi (Pansel), dan hasil seleksi pansel diserahkan kepada DPR. Selanjutnya, DPR akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper tes dan memilih di antara calon-calon yang sudah diseleksi oleh pansel.

Berdasarkan Undang-Undang Pemilu, presiden perlu membentuk tim seleksi yang terdiri dari paling banyak 11 orang yang berasal dari unsur pemerintah (3 orang) serta unsur akademisi dan tokoh masyarakat masing-masing 4 orang.

Baca Juga:  Siswi Tidak Disertakan Dalam UAS, Wakil Bupati TTU Langsung Datangi Sekolah

Dikatakan, pemerintah memfasilitasi kerja tim seleksi mengingat tugas tim seleksi adalah membantu presiden untuk mencari calon anggota KPU dan Bawaslu yang akan dikirimkan ke DPR.

Pihaknya juga telah mempersiapkan tahapan untuk memudahkan tim seleksi melaksanakan tugasnya. Nama-nama calon anggota pansel juga sudah mulai dijaring untuk diusulkan menjadi tim seleksi. (Kompas/ Gio/TimorBerita.com)

  • Bagikan
error: Content is protected !!