Sentuhan Paket Desa Sejahtera Didukung 10 Program utama dan 9 Program Penunjang

  • Bagikan

Timorberita. Kefamenanu- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati TTU, Drs. Juandi David – Drs. Eusabius Binsasi memiliki kekhasan saat tampil menyampaikan visi misi dan program kerja dalam debat publik putaran I yang di selenggaran KPU TTU.

Dihadapan panelis, KPU, Bawaslu, pendukung dan dua paslon lainnya, paslon nomor urut 3 yang berlatar belakang birokrat tulen ini terlihat santai, dan wibawa saat tampil dalam debat terbuka yang berlangsung di lantai II Hotel Ariseta Sabtu (24/10/2020) sore. David dan Eusabius terlihat sederhana, dan kalem terlihat dari raut wajah dua sosok ini.

Berbeda dari dua paslon lainnya, di babak awal David dan Eusabius bergantian menyampaikan visi misi dan program kerja paket Desa Sejahtera jika dipercaya masyarakat untuk memimpin TTU kedepan. Nampak Calon Bupati Juandi David bertugas untuk memaparkan visi misi, sedangkan Calon Wakil Eusabius Binsasi bertugas menyampaikan program kerja.

Baca Juga:  KPU Tetapkan Tiga Paslon Bersaing Rebut TTU

Kesempatan awal Juandi David Mantan Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Setda TTU, dengan lantang menyampaikan sejumlah persoalan yang menonjol di Kabupaten perbatasan RI-RDTL ini. Diantaranya tingkat kemiskinanan dan pengangguran yang tinggi.  Tingkat pendapatan masyarakat masih rendah. Masih minimnya sarana prasarana pendidikan dan tenaga pendidik termasuk masalah gisi dan stanting. Kualitas pelayanan pemerintah yang belum optimal, dan pembangunan infrasuturkur daerah yang belum merata dan penerapan pembangunan belum berjalan sesuai harapan.

Untuk itu lanjut Mantan Kepala Dinas Pendidikan TTU menuturkan sejumlah persoalan yang mendorong paket Desa Sejahtera untuk menuangkan dalam Visi dan Misi. Visi paket Desa Sejahtera, Terwujudnya masyarakat TTU yang sejahtera adil, demokratis dan mandiri melalui potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam.

Baca Juga:  Besok, Desa Sejahtera Deklarasi Ditargetkan 2000 Orang Hadir

Mantan Kepala Dinas Pertanian ini menjelaskan berdasarkan visi maka dirumuskan Misi sebagai berikut, Peningkatan pendapatan masyarakat melalui pengembangan sektor pertanian seperti pertanian lahan kering dan lahan basah, peternakan dan perikanan.
Peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan kesehatan yang merata dan terakses.

Peningkatan dan pemerataan pembangunan ifrastutur daerah. Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Pengembangan kawasan strategis daerah seperti penataan kota Kefamenanu sebagai ibu kota Kabupaten. Pengembangan dan penataan kawasan pesisir pantai utara dan pengembanagan kawasan perbatasan.

Sementara Calon Wakil Bupati Eusabius Binsasi yang juga Mantan Dirjen Bimas Katolik Republik Indonesia menyampaikan konsep program melalui program utama dan program penunjang. Terdapat 10 program utama terdiri dari 1. Pengembangan pertanian, 2. Pengembangan pendidikan, 3. Pengembangan kesehatan, 4. Penyediaan rumah sejahtera, 5. Peningkatan dan pemerataan insfrastur daerah, 6. Peningkatan kapasitas birokrasi pemerintahan daerah, 7. Peningkatan kualitas layanan admnistrasi daerah, 8. Pengembangan dan penataan Kota Kefamenanu sebagai ibu kota Kabupaten, 9. Pengembangan dan penataan kawasan pesisir pantai utara dan 10. Pengembanagan dan penataan kawasan perbatasan.

Baca Juga:  Melki Laka Lena Panen Jagung Bersama di Femnasi TTU

Mantan Kepala Kanwil Agama Provinsi NTT menjelaskan selain program utama terdapat 9 program penunjang yakni 1. Peningkatan dan penguatan otonomi desa, 2. Pemberdayaan perempuan dan perlindungan hak asasi manusia, 3.Pelestarian kebudayaan dan pengembangan pariwisata, 4. Pengembanagan olah raga dan kepemudaan, 5. Penguatan perencanaan dan penganggaran daerah, 6. Peningkatan ketentraman dan ketertiban umum, 7.Peningkatan pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup, 8. Peningkatan pengelolaan data kearsipan dan informasi keadaan, 9. Pembinaan kesjahtera sosial dan ketegakerjaan dan transmigrasi dan kependudukan. (Gio)

  • Bagikan