Server Sudah Normal Silahkan Datangi Dukcapil TTU

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), memberikan pelayanan maksimal terkait dokumen kependudukan.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil TTU, Tarsisius Sasi, S.Fil kepada wartawan di ruang kerjanya Selasa (7/9/2021) mengatakan selama ini pembuatan E-KTP dipending karena ada gangguan server. Sistem aplikasi servernya bermasalah sehingga pelayanan juga terganggu.

” Alat satkar triger yang rusak. Alat itu yang bisa membaca cip biodata penduduk. Alat ini tidak bisa dibeli di daerah karna itu hanya bisa dibeli di Jakarta, dan diberikan kodefikasi memang dari Kemendagri.

Baca Juga:  Ada PMH, Kasus Penyertaan Modal PD Mutis Jaya Naik Penyidikan

” Kerusakan itu sudah diperbaiki teknisi. Sekarang pelayanan sudah normal kembali,” ungkap Tarsisius.

Lanjut Tarsisius sejauh ini proses pelayanan di Dukcapil TTU tidak ada persoalan. Masalahnya itu ketika orang sudah memiiliki dokumen kependudukan tetapi identitasnya berbeda. Contoh E-KTP, ada yang memiliki nik ganda. Saat mau menggunakan satu pelayanan online tetapi sistemnya menolak karena niknya ganda.

Baca Juga:  Ekspose Bersama KPK , Perkara Bawang Merah Malaka Dilanjutkan

” Karena sistem pelayanan kita disini harus satu penduduk itu satu identitas. Kalau data identitas ganda pasti kegunaan dokumen yang kita keluarkan dari sini tidak berguna bagi orang itu karena dia menggunakan untuk urusan lain,” tegasnya.

Lanjut Tarsisius bila ada pengaduan masyarakat ke Dukcapil maka komunikasi via jaringan komunikasi data (Jakomda) dengan kemendagri sehingga bisa diselesaikan secepatnya.

Baca Juga:  Piala Eropa Grup B Digelar, Ini Jadwal dan Stasiun TV Siaran Langsung

Ia berharap masyarakat bisa mengurus setiap dokumen kependudukan sehingga tidak kesulitan. Dokumen kependudukan sangat penting yang digunakan dalam segala hal baik urusan baik kesehatan, pendidikan dan lainnya.

” Masyarakat yang belum memliki dokumen kependudukan atau punya kendala dokumen, silahkan datang ke Dukcapil TTU kita siap dan bersedia membantu,” tandasnya. (Melq Nino/Gio)

  • Bagikan
error: Content is protected !!