Siswi Tidak Disertakan Dalam UAS, Wakil Bupati TTU Langsung Datangi Sekolah

  • Bagikan

TimorBerita.Kefamenanu || Wakil Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Eusabius Binsasi, Selasa (4/5/2021) melakukan sebuah aksi yang sangat sederhana namun amat menarik. Dan, aksi ini patut dicontohi.

Buktinya, pagi tadi, berdasarkan laporan masyarakat bahwa salah satu siswi SDN Kota Baru Kefamenanu, peserta ujian akhir atas nama Selfiana. A. Taifa tidak diperkenankan sekolah tersebut untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS).

Atas dasar laporan tersebut, Wakil Bupati TTU langsung melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten TTU.

Baca Juga:  Massa Membanjir Deklarasi Paket Desa Sejahtera Yakin Menang

Bukan cuma di Dinas PPO. Namun mantan Dirjen Bimas Agama Katolik Kementerian Agama RI ini terus bergerak cepat menuju ke sekolah tersebut. Ia ingin mendapatkan penjelasan dan klarifikasi terkait masalah tersebut.

Wakil Bupati TTU yang ditemui usai kegiatan tersebut membenarkan adanya laporan masyarakat tersebut. Karena itu pihaknya, langsung ke Dinas Pendidikan dan sekolah tersebut guna mendapatkan informasi yang benar.

Baca Juga:  Desa Sejahtera Janji PNS “Dibuang” Dikembalikan, Tenaga Kotrak Terima Haknya Awal Tahun

Menurut Wakil Bupati, memang awalnya Selfiana tidak diikutisertakan sebagai peserta ujian akhir sekolah, karena Dapodik anak tidak ada pada sekolah tersebut sehingga tidak bisa sebagai peserta UAS.

Dijelaskan, awalnya anak ini sekola pada sekolah tersebut, namun kemudian pindah ke TTS, lalu pada kelas 4 ia pindah kembali ke SDN Kota Baru.

“Rupanya saat pindah Dapodiknya tidak diurus secara baik oleh orangtuannya sehingga Dapodik2nya terhapus di SDN kota Baru,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tim Paket Desa Sejahtera Targetkan Menang 70 Persen

Setelah dilakukan klarifikasi dengan pihak sekolah dan juga hadir orangtua siswa maka solusinya yang disarankan adalah siswi tersebut tetap diperkenankan mengikuti UAS sambil mengurus Dapodik siswa dari sekolah asal (TTS) dengan difasilitasi atau dibantu oleh Kepala SDN Kota Baru Kefamenanu.

“Jadi, tadi solusi kita minta sekolah mengijinkan anak untuk ikut ujian sambil orangtua dan sekolah mengurus Dapodik ansk tersebut ke TTS,” ujarnya. (Kend/Atuis)

  • Bagikan