Survei NTT Consulting, Calon Petahana Tumbang Dipelukan Penantang

  • Bagikan

TimorBerita. Kupang – Kompetisi Pilkada Malaka kini semakin seru kedua paslon terus bersaing merebut simpati warga. Menariknya, diakhir masa kampanye di kabarkan calon petahana harus takluk dipelukan penantang baru.

Kejutan melalui rilisan hasil survei terbaru menunjukan elektabilitas calon petahana prosentase dukungannya menurun jauh dibanding penantang.

Berikut hasil rilisan lembaga survei Nusa Tenggara Training dan Consulting (NTT Consulting) pasangan petahana Stef Bria Seran dan Wandelinus Taolin paket SBS-WT, hasilnya 22.55 % sedangkan Pasangan Simon Nahak Kim Taolin paket SNKT prensentase 66.67 %. Sedangkan tidak tahu 10.83 %

Berikut sebaran dukungan sesuai lembaga survei ini. Daerah pemilihan (Dapil) kedua paslon ini, Daerah I Paket SNKT 81.58%, paket SBS-WT di angka 18.42 %, sedangkan abstein 18.42 %.

Baca Juga:  Anak Murid Calon Wabup Malaka, Mantan Kepsek Buka Suara Dukung Full

Dapil Malaka II, Paket SNKT 75.00%, paket SBS-WT di angka 23.33 %, sedangkan abstein 25.00 %.

Dapil Malaka III, Paket SNKT 33.33%, paket SBS-WT di angka 23.33 %, sedangkan abstein 43.33 %.

Data dibeberkan Solidaritas Diaspora Malaka untuk Koalisi Kerakyatan SN-KT SDM 4 Sakti, Herman Seran, pada Rabu (2/12/2020). Ia menjelaskan NTT Consulting sebuah lembaga konsultan yang berkedudukan di Kupang.

Lembaga survei dipimpin oleh Gregorius Nafanu, memiliki pengalaman mumpuni dalam berbagai survei kuantitatif maupun kualitatif di berbagai daerah di Indonesia.

“Lembaga survei ini tidak perlu diragukan sebab beliau memiliki pengalaman mumpuni dalam berbagai survei kuantitatif maupun kualitatif,” tegas Herman.

Baca Juga:  Warga Eks Timor Leste Akui "Roh" Ludofikus Taolin Ada Pada Kim Taolin

Lebih jauh Diaspora Malaka bermaksud untuk mengkuantifikasi animo publik yang tampak dalam polling media sosial dan sambutan masyarakat terhadap kehadiran paslon yang didukung Diaspora Malaka.

Dalam kehadiran diaspora di Malaka tampak jelas membanjir dukungan masyarakat untuk paket SN-KT.

Hal yang sama dibuktikan hasil polling media sosial yang dilakukan yang menunjukkan trend elektabilitas SN-KT melampaui petahana sangat jauh.
Buktinya lembaga survei ini yang merilis hasil survei calon Petahana paket SBS- WT jauh tertinggal. Perbandingannya 44. 17 % dengan penantang baru paket SN-KT.

“Karena itu, hasil survei ini menjadi semacam kuantifikasi kenyataan empiris di lapangan”

Baca Juga:  Warga Io Kufeu Nilai Paket SN-KT Layak Pimpin Malaka

Hasilnya menunjukkan bahwa SN-KT memiliki elektabilitas hampir 66,67% jauh di atas SBS-WT (22,50%) yang belum memutuskan ada 10,83%.

Herman menambahkan survei yang dilakuan untuk mengetahui popularitas dan elektabilitas kedua paslon peserta Pilkada Malaka.

Hasil survei sudah dirilis sebagai dasar untuk strategi kampanye sebelum masa tenang. Sebab hasil survei tidak berbeda jauh dengan rilisan survei sebelumnya yang dilakukan survei lainnya.

Bahkan Herman berpesan jika ada pihak yang keberatan dengan hasil survei tersebut, silahkan menghubungi Herman Seran telphone 0811 9106 807 untuk mendapatkan penjelasan lebih detail dan rinci. (Joka/ Gio)

  • Bagikan