Temui Warga Io Kufeu Simon dan Kim Tegaskan Maju Untuk Malaka Bukan Untuk Keluarga

  • Bagikan

BETUN,Timorberita.com – Pasangan calon (paslon) Bupati, Dr. Simon Nahak, SH, MH dan Louise Lucky Taolin, S. Sos dengan tagline Paket SN-KT, melakukan kampanye di Desa Tunmat Kecamatan Io Kufeu, Selasa (6/10/2020) siang.

Dihadapan masyarakat kedua sosok pemimpin yang dikenal ramah dan santun ini, terus memberi signal bahwa keinginan paket SNKT maju untuk semua Malaka dan bukan untuk keluarga.

Seperti disaksikan media ini kampanye yang berlangsung di Io Kufeu ini di tandai awan tebal di atas perbukitan tanah leluhur Bani-Bani, pusat Kerajaan Io Kufeu dengan pemangku adat, Raja Amanas Tuan. Menurut petuah adat adanya tanda alam ini memberi isyarat jika pertarungan sengit bakal terjadi di Pilkada Malaka.

Antara paslon nomor satu Simon Nahak dan Louse Lucky Taolin (paket SN-KT) yang biasa dikenal Kim Taolin versus Paslon nomor urut 2, Stef Bria Seran dan Wendelinus Taolin paket SBS-WT.

Baca Juga:  Rusak Parah, Bupati Malaka Minta Perbaiki Jalan Provinsi

Sehingga tidak heran cuaca alam itu memberi tanda, “panasnya” pertarung politik di tanah Bani-Bani Kecamatan Io Kufeu, semoga tidak boleh memicu perpecahan di tengah masyarakat.

Meski begitu suasana hujan yang turun seketika itu membuat suasana kampanye Paket SN-KT menjadi sejuk dan dingin.

Alam seolah mengajak semua penghuni Bani-Bani, tanah leluhur dan peninggalan warisan budaya ini agar bertarung politik sehat di Pilkada Malaka dalam suasana kepala dingin dan hati sejuk.

Paket SNKT melakukan orasi kampanye estafet sejumlah jurkam yang hadir. Para orator menggelorakan semangat dan kerja sama membangun Malaka dalam spirit budaya saling menghargai, hakneter no haktaek. Kehadiran Paket SN-KT untuk seluruh Malaka dan bukan untuk keluarga.

Calon Bupati Simon Nahak dalam membuka orasinya mengatakan hujan turun membasahi tanah Bani-Bani menandakan warga Kecamatan Io Kufeu membuka pintu bagi kehadiran Paket SN-KT.

Itulah sebabnya, Simon mengajak masyarakat untuk mengheningkan cipta mengenang jasa para leluhur yang telah mengabdikan diri untuk nama besar Malaka, khususnya di Bani-Bani.

Baca Juga:  Simon Nahak-Kim Taolin Bertekad Sekolahkan Anak Petani Yang Kurang Mampu

Selain pendahulu di tanah Bani-Bani, Simon menyebut penjasa Kabupaten Malaka yang berpulang di antaranya Taolin Ludovikus, pemangku adat Raja Amanas Tuan, Ina Mako, sebagai penjasa pemekaran Kabupaten Malaka dan Drs Daniel Asa yang pernah menjabat Wakil Bupati Malaka.

Selanjutnya, Simon menyampaikan orasi politik dan mengkampanyekan visi-misi dan program kerja kepemimpinan SN-KT lima tahun ke depan yang disebut Program SAKTI.

Menurut Simon Misi paket SN-KT menginginkan pemerataan dalam segala aspek. Lebih konkritnya untuk kepentingan masyarakat seluruh Kabupaten Malaka tanpa ada perbedaan.

Sedangkan Misi tidak muluk-muluk. Intinya, program kerja bisa sampai dan dinikmati seluruh lapisan masyarakat Malaka.

“Kita ramu dalam program Sakti cukup pangan, cukup sehat dan cukup pendidikan. Tentunya didukung sarana dan fasilitas penunjang lainnya sesuai kebutuhan semua titik pelosok masyarakat Malaka,” sebutnya.

Baca Juga:  Kim Taolin Minta Restu Leluhur di Sonaf Io Kufeu

Sementara Calon Wakil Bupati Kim Taolin memulai orasinya mengemukakan isi hatinya bahwa dirinya tidak melawan Calon Wakil Bupati Wendelinus Taolin paket dari SBS. Tetapi dirinya muncul karena keinginan masyarakat untuk mempertahankan harkat dan martabat orang Malaka.

“Karena situasi, saya maju untuk mempertahankan harkat dan martabat masyarakat adat dan budaya,” kata Kim Taolin.

Ia pun meminta masyarakat agar silahkan menentukan pilihannya bebas tanpa paksaan. Sebab pesta demokrasi menjadi pesta rakyat yang harus membuat masyarakat tersenyum bahagia.

“Tidak saling mencederai, sebab pilihannya untuk pemimpin Malaka yang  jauh lebih baik,” sebutnya.

Menariknya, saat kedua sosok ini Simon dan Kim memulai orasi politiknya muncul tanda alam saat kampanye berlangsung. Entah apa artinya tanda alam itu. Tetapi kepercayaan di tanah warisan Bani-Bani menegaskan leluhur merestui kehadiran dan perjuangan SN-KT untuk memenangkan Pilkada Malaka. (Joka)

 

  • Bagikan