Terdakwa Stefanus Sulayman Ditutut 18, 6 Tahun Penjara, Semua Aset Terancam Disita

  • Bagikan

Terdakwa Stefanus Sulayman Selain pidana badan selama 18, 6 tahun, juga diwajibkan untuk membayar denda sebesar Rp 1. 000. 000. 000 subsidair 6 bulan kurungan. 

Dalam tuntutan JPU menegaskan terdakwa juga diwajibkan untuk membayar uang pengganti kerugian keuangan negara sebesar Rp 60. 630. 515. 166, 00.

Apabila terdakwa tidak membayar uang pengganti tersebut setelah putusan hakim berkekuatan hukum tetap maka seluruh harta terdakwa akan disita untuk dilelang guna menutupi uang pengganti tersebut. 

Baca Juga:  Universitas Warmadewa Apresiasi Kerjasama Pemkab Malaka

Dilanjutkan JPU, apabila seluruh harta yang disita untuk dilelang tidak juga mencukupi uang penggantin kerugian keuangan negara maka akan ditambah dengan pidana penjara selama 14 tahun.

Menurut JPU, perbuatan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dan diancam dalam pasal  2 ayat (1) Jo Pasal 18 Undang – Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga:  Nasib Mantan Walikota Kupang Ditentukan Besok, Ketua Tipikor Bilang Begini

Sebagaimana telah diubah dengan Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang – Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke – 1 KUHPidana.

Usai JPU membacakan tuntutan, majelis hakim Pengadilan Tipikor Kupang, Dju Jhonson Mira Mangngi, menunda persidangan.

Baca Juga:  Suasana Haru Mewarnai Sertijab Bupati Malaka, Ini Pesan Viktor Manek

Sidang dijadwalkan pekan depan dengan agenda pembacaan nota pembelaan oleh kuasa hukum terdakwa. (Red /Gio)

  • Bagikan