Timor Leste Dimata Musisi Butuh Pelukan, Tidak Dirawat Bisa Meledak

  • Bagikan

TimorBerita. Dili – Kondisi pemerintahan Timor Leste saat ini berjalan normal. Meski terkadang dihiasi gesekan yang berujung perdebatan sengit di parlemen pemerintahan.

Tapi itulah dinamika perpolitikan yang terjadi di sebuah negara.

Untuk melihat lebih dekat kondisi negara ini, journalist meminta pandangan tokoh masyarakat non partai yang juga musisi.

Dia adalah Kiera Zen musisi ternama Timor Leste. Saat ini membanting stir beralih profesi menjadi petani. Meski begitu namanya tidak pudar dari dunia blantika musica Timor.

Baca Juga:  Badai Seroja 34 Warga Timor Leste meninggal, Lain Hilang

Ia memilih tidak berpartai politik. Sehingga posisinya belum diketahui apakah berada di pemerintahan, kontra atau netral.

Tetapi jelas nama Kiera tercatat sebagai pendiri lembaga Insight Timor Leste yang banyak melakukan survey politik, ekonomi, sosial dan budaya Timor Leste.

Hasil survey digunakan oleh lembaga-lembaga internasional yang membutuhkan, pasca kemerdekaan Timor Leste.

Ia juga eks pemimpin program Civic Education UNDP Timor Leste. Tercatat record menanamkan pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat hingga ke pelosok-pelosok di awal kemerdekaan.

Kiera Zen yang dikenal santai dan familyar diminta pandangannya seputar kondisi Dili Timor Leste dari sudut pandang berbeda.

Baca Juga:  Cepat Mendongkrak Pembangunan Malaka, Program Sakti Solusinya

Berikut petikan wawancara eksklusif Journalist (J) Go Berita.Id bersama Kiera Zen ( KZ), pasca perebutan kursi parlemen Mei lalu.

(J). Bagaimana pendapat Anda terkait persoalan pemerintahan Timor Leste yang sedang terjadi sekarang ini?

(KZ) : Terlepas dari massa tiga tahun pemerintah mengalami deadlock. Saya ingin mengatakan, situasi politik dari aspek keamanan dan ketertiban, ya aman-aman saja.

Suasananya kondusif, tetapi tensi politik yang terjadi sebenarnya tinggi sekali dan rawan. Bisa meledak ke permukaan secara tiba-tiba dan kapan saja.

Baca Juga:  Bertemu Tersangka Pastor Daschback, Xanana Gusmao Dikecam

(J) : Apa maksud Anda aman-aman saja, tetapi tensi politiknya rawan?

(KZ): Maksud saya, Timor Leste ibarat kanker kulit. Ia kelihatan mulus-mulus saja di permukaan, tetapi di dalamnya sedang bobrok. Dan bobroknya itu menjalar ke mana-mana sebagai akar persoalan yang aktif.

Pemerintah tidak pernah mengobati atau menyentuh sampai ke akar persoalan ini. Semuanya terkesan tambal-sulam saja.

  • Bagikan