BK DPRD Belu Periksa Oknum Anggota Fraksi Gerindra

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua || Badan Kehormatan (BK) DPRD Belu, akhirnya memanggil dan memeriksa Marten Nai Buti, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Belu.

Pemeriksaan berlangsung tertutup di lantai II ruang BK DPRD Belu, Senin (19/4/2021) siang.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Belu, Eduardus Mauboy saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa pihaknya sudah memanggil dan memeriksa salah satu anggota DPRD Belu ini.

Dikatakan, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan, untuk didengar klarifikasinya terkait laporan dari 9 warga. Atas dugaan perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan anggota DPRD asal Fraksi Gerindra ini.

” Ya, kita sudah panggil, tadi kita sudah dengar keterangan klarifikasinya, ” tandas politisi PKPI ini.

Baca Juga:  Politik Tidak Kenal Bapak Anak, Paket SNKT Siap Tarung Rebut Malaka

Menurut Edu, setelah didengar didengar klarifikasi, maka langkah selanjutnya BK akan menghadirkan pelapor juga terlapor untuk dipertemukan.

Tentunya BK akan mengambil keputusan seadilnya sesuai aturan. Apakah yang bersangkutan terbukti salah atau tidak.

” Besok (Selasa-red) kita pertemukan kedua pihak. Sehingga BK bisa pertimbangkan untuk putuskan,” ujarnya.

Politisi PKPI ini menuturkan, hasil rekomendasi BK akan dilaporkan kepada pimpinan DPRD. Apakah terbukti atau tidak itu menjadi kewenangan BK untuk putuskan setelah mempertimbangkan dukungan fakta.

Lanjut Eduardus pihaknya akan bertindak dan bersikap profesional. Pihaknya akan putuskan sesuai petunjuk aturan yang berlaku. Bila yang bersangkutan terbukti bersalah tentu sanksi sesuai tingkatan.

Baca Juga:  80 Desa Malaka Masuk Daftar Merah, Bupati Ultimatum Tiga Hari

Ada sanksi ringan sedang dan berat. Bisa peringatan tertulis, bisa dinonaktif dari jabatan alat kelengkapan DPRD dan saksi paling berat dinonaktif dari status keanggotaan sebagai DPRD.

Sebelumnya diberitakan, Anggota DPRD Belu, Marthen Nai Buti dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Belu, Rabu (14/04/2021).

Warga korban juga sudah melapor kepada Ketua DPC Partai Gerindra
Belu, tembusan DPD Partai Gerindra NTT dan DPP Gerindra. Selain itu masalah ini juga dilaporkan kepada Polres Belu.

Marthen Nai Buti, dilaporkan atas perbuatan tidak menyenangkan karena diduga mengancam dan memaki sejumlah warga.

Baca Juga:  Diantar Berobat, Pasien Covid-19 Asal Belu Pakai Pesawat Carter

Kejadian itu tanggal Senin 12 April 2021 sekira pukul 00.30 Wita. Lokasinya di Bia Berek Kuneru, Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, tepatnya di depan rumah salah satu korban pelapor, Yopianus Naimau.

Berikut kesembilan orang pelapor yakni Alexander Da Silva Mau, warga Manumutin, Yopianus Naimau warga Manumutin, Melkianus Banu warga Manumutin, Arkidius Mau warga Manumutin, Martinus Sarlaka warga Manumutin, Ai Sikam warga Manumutin, Viktoria Nai Mau warga Manumutin, Ermelinda S. Nai Mau warga Manumutin dan Ruben Fallo warga Tulamalae. (ren/gio)

  • Bagikan
error: Content is protected !!