Tokoh Adat Laenman Dukung SN – KT, Begini Alasannya

  • Bagikan

TimorBerita.Betun – Sebanyak dua belas tokoh adat Uabau, Kecamatan Laenmaen menyatakan sikap tegas mendukung SN – KT dalam tarung politik pilkada Malaka.

Nikolas Nana tokoh masyarakat Uabau usai ritual adat di Sonaf Uabau,
Selasa (17/11/2020) menuturkan, 12 suku besar Uabau mendukung Kim Taolin. Posisinya sebagai cucu, juga sebagai Niuf (Istilah dawan R) artinya bangsawan.

“Sehingga bicara kultur adat 12 suku besar ini tentunya semua jadi satu keluarga. Semua sepakat untuk mendukung paket SNKT,” ujarnya.

Baca Juga:  Polisi Belum Berani Tahan Tersangka Pengeroyokan di Haitimuk

Nikolas merincikan 12 suku yakni Kapitan Suaun, Ahaot, Fafona, Bisesna, Kaot Oref, Tua ana Laleoan, Bitero, Bikinu dan Troi Nak Faut sebagai algojo Sonaf Uabau.

Menurut Nikolas 12 Suku besar yang tersebar di Kecamatan Laen Manen sudah komitmen menangkan Paket SN – KT prosentasenya 80% bahkan bisa lebih.

Kim Taolin merupakan bangsawan kami. Saatnya kami perjuangkan untuk menang 9 Desember nanti,”katanya.

Ia menjelaskan para tua adat yang menyebar di di Kecamatan Laenmanen menyambut baik program balai adat yang di rintis SN – KT sebagai perdaban budaya Malaka.

Baca Juga:  Polres Belu Gelar Operasi Rutin Tindak Premanisme, Warga Perbatasan RI -RDTL Aman

“Kami mendukung terobosan SN – KT untuk pembangunan balai adat sebagai cerminan budaya Malaka. Sehingga budaya yang di tinggal moyang Malaka tidak terkikis budaya barat,” tandasnya.

Sementara Calon Wakil Bupati Malaka, Louise Lucky Taolin, kepada wartawan di Sonaf Uabau mengaku dirinya terharu atas penyambutan para tetua adat. Sebagai cucu dari sonaf Uabau tentunya sangat bangga dan senang atas dukungan keluarga.

Baca Juga:  Lantik Penjabat Desa, Eusabius Minta Jaga Tradisi dan Budaya Lokal

Louse Lucky Taolin yang biasa disapa Kim Taolin menyampaikan
terimakasih untuk semua dukungan keluarga kepada paket SN – KT. Dukungan sebagai wuujud kemenangan pada 9 Desember nanti.

“Saya memohon kepada bapak dan mama adik kaka semua untuk terus mendoakan dan mendukung paket SN-KT agar bisa terjawab di 9 Desember nanti,” tandas tandasnya putera Almarhum Taolin Ludovikus. (Joka)

  • Bagikan