TTU, Banyak Mantan Kades Bakal Gagal Maju pada Pilkades

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Banyak mantan kepala desa ataupun yang sementara menjabat sebagai kepala desa akan terganjal untuk maju sebagai calon kepala desa pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di kabupaten TTU Agustus mendatang.

Dengan syarat apabila tidak mengantongi surat Rekomendasi Bebas Temuan pada hasil pemeriksaan terhadap laporan pertanggungjawab akhir masa jabatan.

Hal ini ditegaskan oleh Plt. Kepala Inspektorat Kabupaten Timor Tengag Utara, Alfons Ukat saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/5).

Baca Juga:  Kepala Inspektur Optimis Pemeriksaan Para Kades Tepat Waktu

Dia menjelaskan, surat rekonendasi hasil pemeriksaan ini akan dikeluarkan oleh lembaganya atas dasar hasil pemeriksaan LPJ akhir masa jabatan.

” Jadi yang tidak membuat laporan pertanggungjawaban, tidak akan mungkin dikeluarkan surat rekomendasi tersebut, ” tegasnya.

Dia menegaskan, bila surat tersebut tidak dimiliki maka kades atau mantan kades sesuai Perda yang ada maka tidak layak untuk jadi calon dalam Pilkades serentak mendatang.

Baca Juga:  Bupati dan Wabup TTU Terlantik Disambut Tarian Gong dan Natoni Adat

Alfons sangat mengharapkan kepada mantan kades atau kades yang akan berakhir masa jabatan harus segera membuat laporan sehingga bisa dilakukan pemeriksaan. Sehingga pihaknya bisa mengeluarkan surat rekomendasi bebas temuan tersebut.
“Dengan demikian, bisa diperkenankan untuk bertarung dalam pesta demkorasi di level desa,” tandasnya. (Kend)

  • Bagikan
error: Content is protected !!