Tunggu Janji Bupati TTU, Dua Tahun Kades Terpilih Belum Dilantik

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Albertus Metboki warga Desa Nifunenas, Kecamatan, Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, terus berjuang mencari keadilan. Ia sudah terpilih sebagai kepala Desa (Kades) sejak dua tahun lalu.

Ironisnya hingga kini belum juga dilantik dan diambil sumpah untuk memimpin di wilayah desa itu.

Informasi media ini menyebut Albertus berhasil meraup suara terbanyak pada hajatan Pilkades serentak Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada 11 September 2019 lalu.

Panitia pilkades saat itu menetapkan dua orang calon Kades yakni Albertus Metboki dan Eddy Damianus Tahoni. Hasilnya calon nomor urut 1 Albertus Metboki unggul sebagai pemenang.
Panitia pilkades akhirnya menetapkan Albertus sebagai calon terpilih kepala desa Nifunenas tahun 2019.

Baca Juga:  Timor Leste Tempat Sejarah dan Wisata Religi Menakjubkan

Entah alasan apa Bupati TTU Raymundus Fernandes saat itu tidak mau melantik Albertus bersama kepala desa terpilih lainnya. Sehingga Albertus bersama warga mendatangi Dinas PMD dan Bupati TTU tetapi juga tidak ada tindaklanjut pelantikan.

” Saya bersama masyarakat sudah mengadu kepada Pemerintah untuk mencari keadilan. Tetapi sampai saat ini hak saya belum didapat. Saya heran demokrasi model apa begini sehingga tidak ada keadilan,” kesal Albertus Metboki saat ditemui wartawan pada Jumat 8 Oktober 2021.

Baca Juga:  Penuhi Panggilan Kedua, Bupati Raymundus Diperiksa Penyidik Polres TTU

Menurut Albertus saat itu proses pemilihan kades semua berjalan aman dan lancar. Sehingga dirinya dinyatakan lolos dalam administrasi, pemungutan suara hingga ditetapkan sebagai calon Kades Nifunenas terpilih. Hasilnya ada berita acara hasil perhitungan suara yang ditandatangani panitia.

Lanjut Albertus hasil Pilkades diterima dan calon kades rivalnya atau warga yang melayangkan keberatan terkait hasil pilkades. Artinya hasil Pilkades tidak ada masalah buktinya setelah terpilih masyarakat sampaikan proficiat dan ucapan selamat atas kades terpilih.

” Usai Pilkades masyarakat datang ucapkan selamat karena saya sudah terpilih. Tetapi sampai hari ini saya belum dilantik sebagai kades. Saya heran demokrasi seperti apa yang diterapkan di daerah kita ini. Kog orang sudah terpilih tetapi Bupati tidak mau lantik ,” kesal Albertus.

Baca Juga:  Bupati Malaka Tegas, Temuan Tidak Dikembalikan Siap Diproses Hukum

Menurut Albertus sebelumnya sudah mendatangi mantan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes waktu itu tetapi belum juga ada kejelasan. Kini di pemerintahan baru Bupati TTU David Juandi bersama masyarakat sudah bertemu untuk berdialog. Hasilnya Bupati siap melantik namun belum tahu kapan dijadwalkan pelantikan.

” Saya sudah sampaikan kepada masyarakat untuk bersabar. Kita menunggu saja Bapak Bupati TTU menetapkan jadwal pelantikan,” ujar Albertus. ( Rey / Joo)

  • Bagikan
error: Content is protected !!