Sudah Selesai, Tunggu Jadwal Pelantikan Mendagri

  • Bagikan

TimorBerita. Betun || Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Malaka resmi untuk paslon nomor urut 1 Simon Nahak dan Louse Lucky (Kim) Taolin.

Paslon dengan tagline SN-KT siap dilantik setelah hakim majelis MK jatuhkan palu menolak keseluruhan permohonan paslon nomor urut 2, Stef Bria Seran dan Wendelinus Taolin.

Proses panjang demokrasi sudah selesai, kini menunggu saja jadwal pelantikan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) setelah dilakukan pleno penetapan paslon terpilih oleh KPU Malaka.

Baca Juga:  Calon Pemimpin Dan Politik Sirih Pinang

Anggota Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar, SH., MPD dalam Kunjungannya di Kabupaten Malaka Jumat, (19/3/2021) mengatakan putusan MK, tentang perselisihan hasil Pilkada semua sudah tahu hasilnya.

Selanjutnya KPU akan menggelar pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil Bupati terpilih. Hasilnya dikirimkan kepada Mendagri untuk dijadwalkan pelantikannya, dan yang melantik oleh Gubernur.

Baca Juga:  Langgar Aturan Pilkada, Bawaslu Rekomendasi Diskualifikasi Paslon Petahana Nias Selatan

” Tugas penyelenggara sampai pleno penetapan calon terpilih oleh KPU. Selanjutnya dikirim kepada Mendagri dan itu menjadi tanggung jawab Mendagri, bukan lagi penyelenggara,” tandasnya.

Terpisah Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak mengatakan putusan MK perintahkan KPU untuk menetapkan paslon terpilih. Paling lambat lima hari setelah putusan MK dilakukan pleno penetapan.

Menurutnya pleno penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Malaka dijadwalkan Senin 22 Maret ini. Pihaknya sedang menyiapkan proses pleno terakhir.

Baca Juga:  Ekonomi Timor Leste Setelah 18 Tahun Merdeka

” Salinan itu dikirim ke email KPU Malaka. Jadwalnya Senin ini kita pleno,” tandas Anggota KPU dua periode ini.

Makarius menambahkan KPU hanya sampai tahapan pleno penetapan paslon terpilih dan hasil pleno diusulkan kepada DPRD Malaka. Selanjutnya menjadi peran tugas DPRD dan pemerintah Kabupaten Malaka untuk diteruskan kepada Mendagri. Termasuk jadwal pelantikannya. ( chiles/ gio)

  • Bagikan