Wakil Bupati TTU: Spritualitas Pemuda Katolik dan Ajaran Sosial Gereja Sebagai Basis Nafas Gerakan

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu, || Wakil Bupati Timor Tengah Utara, Eusabius Binsasi mengatakan, spritualitas Pemuda Katolik dan Ajaran Sosial Gereja sebagai basis napas gerakan.

Mantan Dirjen Bimas Katolik ini menyampaikan hal tersebut di Rumah Jabatan Wakil Bupati TTU, Selasa (20/4) sebagai nara sumber pada kegiatan Kursus Kepemimpinan Lanjutan (KKL) dan Rakornas II Pemuda Katolik Indonesia Tahun 2021 yang dilakukan secara virtual.

Pokok pikiran yang disampaikan Wakil Bupati TTU yang juga adalah mantan Ketua Pemuda Katolik Cabang TTU ini pada kegiatan tersebut lebih menekankan pada spiritualitas yang harus dimiliki seorang kader Pemuda Katolik.

Baca Juga:  Perangkat Daerah Harus Mampu Buat Inovasi PAD

Menurut Eusabius, seorang Pemuda Katolik adalah calon pemimpin bangsa masa depan maka harus memiliki sikap, Pertama ; Hidup Doa, Kedua ; Rajin Beribadat dan Ketiga ; Memperbanyak amal pada Tuhan dan sesama.

Dia menguraikan, untuk mengaplikasikan spiritualitas tersebut, para Pemuda diharapkan hidup seturut rencana Allah dengan memegang prinsip-prinsip sebagai berikut ;
1) Penghargaan terhadap martabat manusia.
2) Upaya untuk menciptakan kebaikan bersama.
3) Solidaritas
4) Subsidiaritas
5) Keberpihakan pada mereka yang kalah.

Baca Juga:  Siswi Tidak Disertakan Dalam UAS, Wakil Bupati TTU Langsung Datangi Sekolah

Kegiatan KKL dan Rakornas II Pemuda Katolik Indonesia II, ini dihadiri Ketua Umum Pemuda Katolik Indonesia Karolin Margaret Natasa yang adalah Bupati Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat, Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo.

Hadir Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga yang mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga RI sekaligus memberikan arahan dan membuka dengan resmi kegiatan KKL dan Rakornas II Pemuda Katolik Indonesia tersebut.

Serta Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementriaan Agama RI yang berkesempatan memberikan arahan dan menutup kegiatan KKL dan Rakornas II Pemuda Katolik Tahun 2021.

Baca Juga:  Pemkab TTU Siap Lanjutkan MOU Dengan UNDANA

Sebagai closing statement pada akhir kegiatan KKL dan Rakornas II Pemuda Katolik Indonesia tersebut, Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi yang juga mantan Kepala Kantor Wilayah Kementriaan Agama Provinsi NTT ini mengharapkan kepada para pemuda Katolik Indonesia, agar senantiasa mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin masa depan yaitu menjalani hidup dengan tetap berpegang pada prinsip spiritualitas sebagai seorang pemuda Katolik Indonesia. (kend)

  • Bagikan