Wakili NTT, Kapolres TTU Optimis Juara Lomba Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas

  • Bagikan

TimorBerita, Kefamenanu- Polres Timor Tengah Utara (TTU) mewakili Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) ikut berkompetisi dalam lomba Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas tingkat Nasional.

Polres TTU optimis masuk juara dalam lomba tingkat nasional yang digelar Kepolisian Republik Indonesia, yang diikuti 500 Kabupaten di Indonesia.

Hal ini disampaikan Kapolres TTU AKBP Mohamad Mukson S.i.k saat peresmian Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas di jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Kefamenanu Selatan, Kabupaten TTU, Rabu 9 Maret 2022.

Dalam sambutannya orang nomor wahid di lingkup Polres TTU berkomitmen masuk menjadi juara dalam lomba tingkat nasional yang diikuti 500 Kabupaten di Indonesia.

” Kita berkomitmen jadi juara. Ini bawah nama TTU khususnya Provinsi NTT bahwa kita harus bisa menciptakan tertib lalu lintas dan ini kerjasama semua kita,” tandasnya.

Lanjut Mukson, pihaknya akan terus memberi edukasi agar masyarakat harus patuh dan tertib berkendaraan. Daerah ini harus menjadi contoh bagi daerah lain khususnya di Kabupaten TTU dengan tujuan mencegah dan menekan angka kecelakaan.

Baca Juga:  Pospera Datangi Polda NTT Laporkan Stafsus BUMN

Ia menambahkan, ada dua kelurahan yang terpilih menjadi lokasi lomba yakni Kelurahan Kefamenanu Selatan dan Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu.

Ia merincikan item-item yang menjadi indikator penilaian telah disiapkan semaksimal mungkin. Lokasi atau jalur yang menjadi penilaian dimulai dari perempatan Rutan sampai di Pos Tulip dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas.

“Sepanjang jalur itu kita sudah pasang Piranti Lunak antara lain himbauan-himbauan dan spanduk-spanduk yang berisikan himbauan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai dari Korlantas Polri Kombes Pol. Dodi Daryanto S.Ik, menjelaskan, Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas yang digelar di seluruh Indonesia, Kabupaten TTU merupakan salah satu peserta mewakili NTT.

Baca Juga:  Kapolri Izin Liga 1 dan Liga 2 Digelar, Langgar Prokes Dievaluasi

Lanjut Dodi pihaknya menilai hasil pengamatan secara umum sudah dianggap baik, diantaranya marka jalan dan rambu-rambu dengan upaya yang menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Dikatakan lomba ini diikuti 500 lebih Kabupaten di seluruh Indonesia. Untuk NTT, Kabupaten TTU yang terpilih karena berdasarkan penilaian dari Polda NTT dianggap Kabupaten TTU yang terbaik dalam hal Tertib Lalu lintas dari Kabupaten lain yang ada di NTT sehingga dapat mewakili provinsi NTT.

“Mudah-mudahan Polres TTU menjadi sang juara dalam lomba ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati TTU Drs. Juandi David, saat ditemui media ini mengatakan, Pemda TTU mendukung kegiatan Kampung Tertib Lalu Lintas yang dilakukan oleh Polri di Kabupaten TTU.

Bupati David berharap agar pengguna jalan pada umumnya menyadari pentingnya mengetahui dan mentaati aturan lalu lintas demi keselamatan diri dan orang lain.

Baca Juga:  Polisi Amankan Pelaku Penipuan 12 Sopir Asal Malaka

“Pengguna jalan di Kabupaten TTU sudah cukup bagus dalam mentaati aturan lalu lintas sehingga menjadi ukuran untuk penilaian Polri,” ujarnya.

Ia berharap kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan peluang ini baiknya dengan tertib lalu lintas dan tertib protokol kesehatan (Prokes) dimana saja berada.

Sekedar tahu, kegiatan pembukaan dimulai pukul 14:00-15:00 wita itu dihadiri oleh Bupati TTU David Juandi, Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi, Ketua DPRD TTU Hendrikus F. Bana, SH., Kajari TTU, Robert Jimmy Lambila, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Laode Irwan H, dan perwakilan Pengadilan Negeri Kefamenanu.

Turut hadir pengrrsmian kampung tangguh tertib lalulintas, sejumlah pimpinan OPD, Camat Kota Kefamenanu, Lurah se-Kecamatan Kota Kefamenanu, Pimpinan BRI cabang Kefamenanu, Kepala Jasa Raharja, masyarakat serta tokoh pemuda Formasi Anak Terminal (Foranter) dan Bhayangkari Cabang TTU. (Christo Santos)

  • Bagikan