Warga Eks Timor Timur Ikut Sosialisasi dan Terima Penghargaan dari Kemenhankam

  • Bagikan

TimorBerita, Atambua – Warga Eks Timor Timur yang ada di Kabupaten Belu Wilayah Perbatasan RI- RDTL mengikuti kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang digelar Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kementerian Pertahanan menggelar kegiatan sosialisasi juga memberikan Piagam dan Pin Patriotisme kepada warga eks Timor Timur yang memilih bergabung dengan NKRI.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kecintaan terhadap NKRI serta memahami dan menanamkan nilai -nilai Pancasila.

Kegiatan sosialisasi berlangsung di Aula GOR L.A. Bone Atambua Rabu 3 November 2021.

Baca Juga:  Kemendagri Gelar Rakor Camat se-Indonesia Secara Virtual

Sebanyak tiga Pemateri dalam kegiatan sosialisasi yakni Kasubdit Linkim Ditbelanegara Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan RI, Kolonel ADM. Amiruddin Laupe, dengan materi Bela Negara Dalam Sishankamrata.

Pemateri Kedua Iptu Samsul Ramadhan Arifin, tentang Bahaya Narkoba dan Penanggulangannya oleh Kasat Resnarkoba Polres Belu.

Materi ketiga oleh Kepala Bidang Hubungan Media dan Sumber Daya pada Dinas Kominfo Belu, Dominikus Mali, materi tentang Bijak dan Cerdas Bermedia Sosial.

Kasubdit Linkim Ditbelanegara Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan RI Kolonel ADM. Amiruddin Laupe mengatakan selain kegiatan sosialisasi Kementerian Pertahanan juga memberikan Piagam dan Pin Patriotisme kepada warga eks Timor Timur yang memilih bergabung dengan NKRI.

Baca Juga:  Siaga Amankan Idulfitri, Polres Belu Perkuat Sinergitas di Perbatasan RI RDTL

Bila dikalkulasi jumlahnya sebanyak 11.000 orang dengan beberapa tahapan di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, TTU dan Kabupaten Belu.

“Sosialisasi juga pemberian piagam oleh Menteri Pertahanan RI, untuk 1500 orang juga diberikan piagam penghargaan dan Pin Patriotisme kepada perwakilan dari kabupaten masing – masing,” tandas Kolonel Amiruddin.

Ia menjelaskan kegiatan bela negara itu bukan hanya diberikan di Kabupaten Belu tetapi kepada seluruh masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Timur khususnya warga negara yang ada di wilayah perbatasan guna saling mengingatkan serta memberikan kesadaran dalam mencintai NKRI.

Baca Juga:  Surat Instruksi ASN Malaka Pantau TPS Jadi Viral, Praktisi Hukum Angkat Bicara

“Saya sangat bersyukur para peserta ini antusias mengikuti kegiatan ini sosialisasi dengan baik. Diharapkan peserta dapat menambah nilai – nilai kecintaan terhadap bangsa Indonesia,” harapnya. (Kom/Ren)

  • Bagikan
error: Content is protected !!