Warga Rindu Pemimpin Baru Untuk Pemekaran Rinhat

  • Bagikan

BETUN,Timorberita.com – Warga Desa Boen dan Desa Tafuli Kecamatan Rinhat Kabupaten Malaka menagih janji pemekeran saat kampanye pasangan calon Bupati, Dr. Simon Nahak, SH, MH dan Wakil Bupati, Louise Lucky Taolin, S.Sos. Saat berlangsungnya kampanye Paket SN-KT di kampung Tuakusi Desa Boen Kecamatan Rinhat, Minggu (27/9/2020).

Rupanya masyarakat merindukan pemimpin baru untuk bisa menjawabi kerinduan masyarakat untuk pemekaran kecamatan Rinhat. Nantinya baru bisa direalisasi bila Paket SN-KT memimpin Malaka.

Pertanyaan masyarakat muncul saat berlangsungnya orasi kampanye pengurus PKB Kabupaten Malaka, Paulo Roberto Taruk sejumlah warga spontan berteriak menyambar pembicaraan Paulo.  Lantaran jauh sebelumnya sudah  ada wacana pemekaran di wilayah Kecamatan Rinhat.

Baca Juga:  Hasil Pleno Kecamatan Simon Nahak-Kim Taolin Unggul 984 Suara

Paulo anggota Fraksi PKB DPRD Malaka ini mengatakan urusan pemekaran wilayah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Sehingga keinginan masyarakat akan terjawab bila masyarakat mempercayakan paslon nomor 1 Simon Nahak dan Kim Taolin menjadi Bupati dan Wakil Bupati Malaka.

“Saya juga kesal karena janji itu tidak terpenuhi. Sehingga, warga pantas tagih janji pemekaran itu. Tapi saya yakin bila paket SN-KT dipercaya tentu keinginan masyarakat terjawab,” kata Paulo.

Baca Juga:  Pidato Perdana Bupati Malaka Buka Bukaan

Ia mengajak masyarakat untuk satukan pilihan untuk paslon nomor urut 1 paket SN-KT tentunya menjawab  kerinduan masyarakat untuk pemekaran Rinhat.

Sementara Maxi Seran warga Rinhat mengatakan wilayah Kecamatan Rinhat sudah harus dimekarkan karena sangat luas. Wacana pemekaran itu sudah bergulir sejak lima tahun lalu. Namun, hingga saat ini belum terealisasi.

 

Maxi mengatakan Kecamatan Rinhat terdiri dari 20 desa. Beberapa desa cukup jauh dari pusat kecamatan. Kondisi ini mempengaruhi pelayanan pemerintahan dan pembangunan. Warga mengeluh karena biaya transportasi sehubungan dengan letaknya ibukota Kecamatan Rinhat yang cukup jauh.

Baca Juga:  Tudingan Tim Pemenang SBS-WT Salah Alamat

Maxi menuturkan sangat mendengar pemekaran wilayah Kecamatan Rinhat sempat digagas dan warga menghendaki adanya pemekaran wilayah bagian barat.

Ia berharap paket SN-KT bila terpilih nanti merealisasikan permintaan masyarakat untuk pemekaran kecamatan.

“Kita dengar kecamatan yang akan mekar itu namanya Kecamatan Aburo. Itu di wilayah bagian barat. Tapi sampai sekarang belum mekar,” sebut Maxi. (Joka)

  • Bagikan