WNA Asal Timor Leste Dideportasi di PLBN Motaain

  • Bagikan

TimorBerita, Atambua – Seorang Warga Negara Asing(WNA) asal Negara Timor Leste dideprtasi ke Negara asalnya.

Proses deportasi WNA tersebut melalui Pos Lintas Batas (PLBN) Motaian Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, pada 22 Juni 2022, sekitar 09.00 Wita.

Salah satu WNA ini deportasi karena memasuki wilayah Negara Republik Indonesia tidak mengantongi dokemen keimigrasian secara lengkap.

Kepala Kantor Imigrasi  Kelas II TPI Atambua, K.A.Halim yang dihubungi media ini menjelaskan, proses deportasi ini dilaksanakan pagi tadi melalui PLBN Motaain

Baca Juga:  Wow…! Sebulan Imigrasi Atambua Deportasi 639 Warga Timor Leste

WNA Timor Leste in terpaksa dideportasi karena diketahui tidak memiliki dokumen izin perlintasan antar Negara


Halim menjelaskan, doportasi ini merupakan upaya penegakan Hukum di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua dari Tim Inteldakim berupa tindakan administratif keimigrasian.
Sehubungan dengan telah dideportasinya WNA Timor Leste yang melakukan pelanggaran keimigrasian, atas nama :Sarawati Benti Samiun, Kelahiran Dili, 20 November 1975.

Baca Juga:  Peserta RAT PUSKOPCUINA Ziarah Ke Makam Pengagas CU Indonesia di Timor Leste

Halim menjelaskan, Sarawati seorang Ibu Rumah Tangga yang menggunakan No. Travel Dokumen STTD/ACTL-ATB/013/VI/2022, Kewarganegaraan Timor Leste, Alamat di Dili/Dom Alexio/Hamahon, Timor Leste.

Lebih lanjut Halim menjelaskan, Petugas Seksi Inteldakim telah melakukan Kegiatan Deportasi melalui TPI Motaain dan telah diterima oleh Petugas Imigrasi Batugade Timor Leste dengan Agen Konsulat Timor Leste dengan kegiatan deportasi salah satu WNATimor Leste.

Baca Juga:  Libur IdulFitri PLBN Motaain Ramai Pelintas, Ini Rinciannya

Petugas Seksi Inteldakim yang terdiri dari Kepala Subseksi Penindakan dan Dua orang staf Pemeriksa Keimigrasian Pemula melaksanakan Kegiatan Deportasi 1 (Satu) orang WNA Timor Leste melalui TPI Motaain dan diterima oleh Asisten Supervisor TPI Motaai, Jose Pinsu Marsal, dengan menerapkan cap keberangkatan pada Travel document WNA Timor Leste.

  • Bagikan