Wow…! Sebulan Imigrasi Atambua Deportasi 639 Warga Timor Leste

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua || Pihak Otoritas Indonesia kembali mendeportasi 164 warga negara asing (WNA) Timor Leste, pada Sabtu (21/8/2021).

Ini kloter ketiga deportasi yang dilakukan Kantor Imigrasi Atambua selama bulan Agustus. Sehingga totalnya sebanyak 639 orang.

Kepala Imigrasi Atambua, K.A. Halim saat dikonfirmasi Sabtu (21/8/2021) mengatakan ratusan warga Timor Leste dideportasi karena tidak mengantongi dokumen ijin perlintasan yang resmi. Sehingga dikembalikan ke negara asal.

Baca Juga:  Akhiri Masa Jabatan, Mantan Bupati dan Wabup Belu Minta Maaf

” Kami deportasi lagi 164 pelintas ilegal WN Timor Leste. Ini gelombang ketiga deportasi selama bulan ini,” tandasnya.

Lanjut Halim deportasi pertama dilakukan pada Selasa 10 Agustus jumlahnya 123 orang. Deportasi kedua pada Kamis 19 Agustus jumlahnya 352 orang dan ketiga dilakukan hari ini Sabtu 21 Agustus 2021 yang berumlah 164 orang.

Baca Juga:  Bupati Malaka Buka Kartu di Kemendagri, Kantor Sewa Rumah Warga

Lanjut Halim pada gelombang pertama Polisi mengamankan langsung di Kelurahan Fatubanao Kecamatan Kota Atambua. Sedangkan gelombang kedua dan ketiga, warga Timor Leste menyerahkan diri ke Kodim 1605 Belu.

Menurut Halim sesuai keterangan ratusan WN Timor Leste hadir di Atambua untuk mengikuti ujian kenaikan sabuk pencak silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT). Tetapi masuk tidak mengantongi dokumen perlintasan sehingga dikembalikan ke negara asal.
  
Ia menambahkan deportasi dilakukan setelah menyelesaikan administrasi dokumen termasuk berita acara pemulangan yang diteken perwakilan pemerintah Indonesia dan pemerintah Timor Leste.

Baca Juga:  Lagi, Imigrasi Atambua Deportasi 352 Warga Timor Leste

Proses Deportasi disaksikan langsung oleh saksi dari TNI, Polri, BNPP, Bea Cukai, perwakilan Pemda Belu, dan perwakilan Pemerintah Timor Leste. (Ren)

  • Bagikan
error: Content is protected !!